Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/538
Title: Gejala Campur Kode ( CODE MIXING ) dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Lisan pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Guru-Guru SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021
Authors: RAMADHANI, OVY RIZKY
Keywords: Campur Kode
Ragam Lisan Guru
Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Issue Date: 7-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 04 PPS PEND.BND 2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis-jenis campur kode, faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan dampak campur kode pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, tepatnya di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan semua bahasa guru yang memperlihatkan terjadinya peristiwa campur kode (code mixing) dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian melakukan klasifikasi dan kategori keseluruhan data, setelah itu data dianalisis untuk memilih bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing), selanjutnya adalah mendeskripsikan atau memaparkan hasil penelitian untuk mengetahui bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing) dalam penggunaan bahasa Indonesia ragam lisan oleh guru-guru di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian, langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan atas data yang telah dianalisis.Hasil penelitian ini ditemukan adanya peristiwa campur kode. Bentuk campur kode yang terjadi berupa kata, frasa, klausa, idiom, dan perulangan kata. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa campur kode dalam penelitian ini adalah (1)ingin menjelaskan sesuatu, (2) perubahan situasi dengan hadirnya pihak ketiga, (3) ingin menjalin keakraban antara guru dan siswa (4) keterbatasan penggunaan kode, dan (5) penggunaan istilah yang lebih populer.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/538
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER167.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI55.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR169 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK49.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I68.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II100.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III51.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV153.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V50.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA61.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN98.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.