Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1006
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDr. Samsul Bahri, M.Si ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorHIJJAH, NURSYAHRIA-
dc.date.accessioned2022-04-21T07:44:19Z-
dc.date.available2022-04-21T07:44:19Z-
dc.date.issued2021-11-23-
dc.identifier.other171434090-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1006-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media scrapbook pada materi cerpen, serta mengetahui respon guru terhadap pengembangan media scrapbook pada materi cerpen . Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian ini adalah jenis pengembangan Researchand Development (R&D), Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model menurut Sugiyono (2010) dengan 6 tahap. Yaitu Tahap Potensi dan Masalah, Tahap Pengumpulan data, Tahap Desain Produk, TahapValidasi Desain, Tahap Revisi Desain, Tahap Uji Coba Produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakanoleh peneliti yaitu melalui wawancara dan menyebarkan angket (kuesioner).Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara dan menyebarkan angket dengan melalui instrumen skala Guttman yang memberikan jawaban “ya atau tidak”. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaituTeknik analisis Data deskriptif Kualitatif.Hasil penilaian ahli media scrapbook memperoleh 20 penilaian ‘’ya’’ dengan masing-masing kriteria ‘’sangat baik’’dengan hasil bukti penilaian mendapat jawaban ‘’ya’’ dan penilaian jawaban ‘’tidak’’mendapat nilai 0.hasil validasi ahli media dari semua aspek dinyatakan bahwa produk layak digunakan tanpa ada revisi. Hasil dari ahli materi dapat diketahui bahwa validasi ahli materi dalam uji kelayakan memperoleh 10 penilaian’’ya’’dengan masing-masing kriteria ‘’sangat baik’’penilaian mendapat nilai 0.Hasil validasi oleh ahli materi dari semua aspek dinyatakan bahwa produ kawal layak digunakan tanpa revisi. Hasil dari uji coba produk tenaga pendidik pada aspek pembelajaran dengan total masing-masing aspek penilaain mendapat penilaain 8 jawaban ‘’ya’’aspek Bahasa dengan total masing-masing aspek penilaian mendapat 1 jawaban ‘’ya’’ dan 2 jawaban ‘’tidak’’ dan tital keseluruhan penilaain mendapat 10 jawaban ‘’ya ‘’.dan total keseluruhan penialain mendapat 2 jawaban ‘’tidak’’. Kesimpulan dalam pengembangan media pembelajaran scrapbook mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerpen layak digunakan dan dijadikan media pembelajaran di dalam kelas hal ini dikarenakan media scrapbook dapat lebih menarik perhatian siswa dan menambah mminat belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 51 PGSD 2021en_US
dc.subjectMedia Scrapbooken_US
dc.subjectCerpenen_US
dc.subjectBahasa Indonesiaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERPEN DI KELAS V SD NEGERI 064970 KEC. MEDAN DENAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1.COVER.docxCOVER24.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN270.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5.DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4.KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR48.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3.ABSTRAK.docxABSTRAK17.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6.BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I36.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7.BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II65.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8.BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III109.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9.BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.35 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10.BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V19.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11.DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12.LAMPIRAN.docxLAMPIRAN29.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13.BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA16.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.