Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1054
Title: | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO MELALUI APLIKASI ACTIVE PRESENTER TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG |
Authors: | Dara Fitrah Dwi S.Pd.M.Pd. ( PEMBIMBING ) AFRYDAYANTI, CITRA |
Keywords: | Media Pembelajaran Video Active Presenter Hasil belajar |
Issue Date: | 18-Nov-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 90 PGSD 2021 |
Abstract: | Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan begitu, harus dilakukan penelitian lebih lanjut yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran video melalui aplikasi active presenter dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video tersebut pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas VA (eksperimen) yang menggunakan media pembelajaran berbasis video melalui aplikasi active presenter dengan kelas VB (kontrol) yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut atau dapat disimpulkan bahwa thitung = 3.183 > ttabel = 2.056. Maka, hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol (hasil belajar kelas ekperimen = 83.93 > hasil belajar kelas kontrol = 69.64). |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1054 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 73.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 45.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 88.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 39.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 51.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 104.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 70.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 52.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 40.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 41.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 4.58 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.