Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1073
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJuli Yanti Harahap, S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSARI, NURHOLIJAH-
dc.date.accessioned2022-04-26T07:00:03Z-
dc.date.available2022-04-26T07:00:03Z-
dc.date.issued2021-09-21-
dc.identifier.other171424021-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1073-
dc.description.abstractMasalah pada penelitian ini yaitu perkembangan kognitif anak belum berkembang, hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode klasik (duduk, diam, kerjakan), kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik minat anak, pembelajaran tidak dilakukan dengan cara bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun TK Al-Iklas T.A. 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan one-group pre-test and -post test design. Populasi penelitian ini adalah anak usia 5-6 TK Al-Iklas Deli Tua yang berjumlah 20 anak. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak di TK Al-Iklas Deli Tua T.A. 2020-2021, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana ttabel pada taraf 5% = 1,725, dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel atau 2,99 > 1,725. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Bermain engklek yang diterapkan padaanak TK Al-Iklas Deli Tua ternyataefektif,hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dan post-test. Dapat dilihat bahwa perhitungan rata-rata nilai anak sebelum mendapatkan perlakuan lebih rendah dibandingkan setelah mendapatkan perlakuan. Rata-rata perkembangan kognitif anak setelah mendapatkan perlakuan berupa bermain engklekdiperoleh 81,25 yang berada pada kategori baik sekali, sedangkan nilai rata-rata anak sebelum mendapatkan perlakuan yakni sebesar 62,5 yang berada pada kategori cukup.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 21 PG-PAUD 2021en_US
dc.subjectBermainen_US
dc.subjectEngkleken_US
dc.subjectPerkembangan kognitif.en_US
dc.titlePENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TAERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AL-IKLAS MEDAN DELI TUA T.A 2020-2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER41.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN44.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI3.11 MBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR69.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK37.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I44.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II56.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III74.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV190.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V44.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA44.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.81 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.