Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1250
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ARIFIN, KHAIRUL | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-31T03:22:05Z | - |
dc.date.available | 2022-05-31T03:22:05Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-23 | - |
dc.identifier.other | 161484126 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1250 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada dikelas VII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN menunjukkan kurangnya Pemahaman Siswa Mengenai Kebersihan Lingkungan Sekitar. Melalui layanan informasi dengan teknik focus group discussion dapat memberikan peningkatan pada pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar siswa . tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi dengan teknik focus group discussion yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Objek penelitian ini berjumlah 19 orang dengan subjek siswa kelas VII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN. Secara terperinci siswa 19 orang tersebut merupakan hasil wawancara dari guru BK yang ada disekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi dengan teknik focus group discussiondapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitarVII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN, hal ini dapat dilihat dari mulai pra siklus, dimana pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan kebersihan di peroleh dengan jumlah 1 orang dari 19 orang dengan kategori sedang , pada siklus I pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar mengalami peningkatan menjadi 11 orang dengan kategori sedang, dan pada siklus II pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 12 orang dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan layanan informasi dengan teknik focus group discussion dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar siswa kelas VII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN Tahun Ajaran 2019/2020. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 10 BK 2020 | en_US |
dc.subject | upaya meningkatkan pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan sekitar melalui layanan informasi teknik focus group discussion (fgd) siswa kelas VII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN tahun ajaran 2019/2020. | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI LAYANAN INFORMASI TEKNIK FGD ( FOCUS GROUP DISCUSSION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 3 SATU ATAP PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 200.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
SAMPUL PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 12.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Daftar Isi(1).docx | DAFTAR ISI | 20.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR(1).docx | KATA PENGANTAR | 35.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
abstrak.docx | ABSTRAK | 18.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 20.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 42.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III1.docx Restricted Access | BAB III | 60.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 82.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 25.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 13.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.