Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1329
Title: | Perbedaan hasil belajar administrasi umum menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura tahun ajaran 2019/2020. |
Authors: | Ramadhani, Wulan Suci |
Keywords: | Quantum Teaching Explicit Introductions |
Issue Date: | 18-Jul-2020 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 93 PENDEK 2020 |
Abstract: | Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis diSMK Tengku Amir Hamzah Indrapura menemukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas Xtergolong rendah yang diukur dari nilai rata-rata ujian bulanan siswa. Nilai rata-rata yang mereka peroleh hanya sekitar 50%dari siswa yang tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Berdasarkan hasil pertanyaan-pertanyaan yang dilakukan penulis dengan beberapa siswa, dapat disimpulkan bahwa rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa adalah dikarenakan siswa kurang memahami materi pembelajaran dengan baik. Hal ini terjadi diduga karena siswa kurang memiliki minat yang baik dan kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru. Kurangnya minat belajar siswa tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar.Rendahnya minat dan perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Namun tidak sepatutnya menyalahkan siswa yang tidak memperhatikan penjelasan yang telah dilakukan, karena mungkin saja rendahnya minat perhatian siswa tersebut akibat dari kesalahan guru dalam menerapkan strategi belajar yang tepat. Rumusan masalahdalam penelitian ini terfokus pada “apakah hasil belajar administrasi umumsiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching lebih tinggi dibandingkan hasil belajaradministrasi umum siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit instruction di Kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pelajaran 2019/2020 ? “ Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk meningkatkan hasil belajar administrasi umumsiswa kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura TP. 2019/2020melalui penerapan model pembelajaran Quantum teaching dan model pembelajan explicit intruction. 2. Untuk meningkatkan keaktifan belajar administrasi umumsiswa kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura TP. 2019/2020melalui penerapan model pembelajaranQuantum teaching dan model pembelajaran explicit intruction. 3. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajara administrasi umumsiswa kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pelajaran 2019/2020dengan menggunakan model pembelajaran Quantum teaching dan model pembelajaran explicit instruction. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Ada perbedaan hasil belajaradministrasi umumsiswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan model pembelajaran explicit intruction dikelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas di Kelas X SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pelajaran 2019/2020yaitu sebanyak 25siswa yaitu sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran quantum teaching dan explicit intruction, dan sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil t hitung = 5,977 dengan t tabel = 1,666 atau 5,977 > 1,666, maka hasil belajar administrasi umum pada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar administrasi umum pada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran explicit instroduction pada siswa kelas X SMK Tengku amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2019/2020. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1329 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 129.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 15.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 65.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 19.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 24.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 33.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 30.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 57.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 20.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 21.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.