Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1800
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWinarsih-
dc.date.accessioned2022-07-27T02:28:02Z-
dc.date.available2022-07-27T02:28:02Z-
dc.date.issued2017-08-15-
dc.identifier.other131484004-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1800-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok yang efektif untuk mengurangi fobia social pada siswa kelas X . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian ini yaitu 8 orang siswa diambil dari kelas X. dimana 8 orang siswa tersebut merupakan hasil analisis observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil pengamatan , analisis data pada penelitian adalah deskripsi kualitatif karena membandingkan tingkat pengurangan fobia social antara kondisi awal (prasiklus) dengan siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 kondisi akhir (pasca siklus). Hasil penelitian diperoleh hasil persentase sebelum melaksanakan kegiatan layanan konseling kelompok yang memiliki fobia social yang tinggi, yatu sebesar 50% , siswa yang memiliki fobia social sedang sebesar 30%. Pada siklus 1 setelah melaksanakan kegiatan layanan konseling kelompok peneliti berhasil menurunkan 20% kategori sedang dan 60% kategori rendah dan 0% kategori tinggi, sedangkan siklus 2 berhasil menurunkan fobia social dari kategori tinggi dan sedang hingga 0% , dan berubah manjadi 80% kategori rendah. Pada siklus akhir/ siklus 3 pelaksanaan layanan berhasil mengurangi fobia social pada siswa dari kategori tinggi hingga tidak ada. Sesudah diberikan tindakan sebanyak tiga siklus terjadi penurunn yang signifikan sehingga tidak ada lagi kategori tinggi siswa yang memiliki fobia social. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fobia social pada siswa dapat diatasi melalui layanan konseling kelompok. Saran yang diberikan kepada guru bimbingan dan konseling disekolah tersebut diharapkan dapat mengurangi fobia social melalui layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi, serta pihak sekolah agar menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan konseling.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 02 BK 2017en_US
dc.titleUPAYA MENGURANGI FOBIA SOSIAL MELALAUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERAPI PADA SISWA KELAS X SMK HARAPAN BANGSA TANJUNG MORAWA T.A 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER31.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR12.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK12.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II30.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III32.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV69.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA13.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN 1.docxLAMPIRAN46.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.