Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1813
Title: | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KONSEP DIRI POSITIF PADA SISWA KELAS VIII MTs. SWASTA YASPI LABUHAN DELI MEDAN T.A 2016/2017 |
Authors: | PRATIWI, RISKA |
Keywords: | Layanan bimbingan kelompok Teknik diskusi Konsep diri positif |
Issue Date: | 19-Sep-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 22 BK 2017 |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap konsep diri positif siswa dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dirumah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS SWASTA YASPI LABUHAN DELI MEDAN T.A 2016/2017 yang berjumlah 105 siswa diambil sebagai sampel sebanyak 30 siswa, yaitu sebanyak 3 kelompok, kelas VIII.A sebanyak 10 siswa, kelas VIII.B sebanyak 10 siswa dan kelas VIII.C sebanyak 10 siswa, sampel diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan anggota sampel yang dilakukan dengan Pertimbangan tertentu atau dengan ciri-ciri tertentu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS SWASTA YASPI LABUHAN DELI MEDAN T.A 2016/2017 dengan melaksanakan pre-test dan post-test yang berjumlah 30 orang siswa, yaitu sebanyak 3 kelompok, kelas VIII.A sebanyak 10 siswa, kelas VIII.B sebanyak 10 siswa dan kelas VIII.C sebanyak 10 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang konsep diri positif yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan realibilitas angket. Dari 36 item angket yang disebarkan diketahui ada 31 item angket yang valid dan 5 item yang tidak valid. Jadi soal yang diberikan terhadap 30 sampel yaitu sebanyak 3 kelompok, kelas VIII.A sebanyak 10 siswa, kelas VIII.B sebanyak 10 siswa dan kelas VIII.C sebanyak 10 siswa berjumlah 31 item. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi mempunyai pengaruh terhadap konsep diri positif siswa kelas VIII MTS SWASTA YASPI LABUHAN DELI MEDAN T.A 2016/2017. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang di peroleh dari perhitungan dengan hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel ; Kelas VIII.A (6,884 > 2,262), Kelas VIII.B (16,116 > 2,262), Kelas VIII.C (17,087 > 2,262) atau terjadinya peningkatan sebesar 50,7 pada kelas VIII.A, 68,1 pada kelas VIII.B, 70,4 pada kelas VIII.C yang artinya hipotesis yang diajukan berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap konsep diri positif siswa kelas VIII MTS SWASTA YASPI LABUHAN DELI MEDAN T.A 2016/2017”, dapat di terima. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1813 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 88.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LMBR PRSTJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 11.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 15.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 13.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 15.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 19.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 36.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 54.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 87.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 13.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 12.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN 1.docx | LAMPIRAN | 4.85 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.