Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1833
Title: | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP BERFIKIR P[OSITIF DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018 |
Authors: | DEWI, SHANDRA |
Issue Date: | 28-Sep-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 51 BK 2017 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap sikap berpikir positif siswa dalam belajar di kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Teknik pengambilan data menggunakan angket tertutup. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Washliyah 3 Medan. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 10 siswa, hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan mengenai sikap berpikir positif siswa. Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian siswa tersebut kurang berpikir positif ketika proses belajar mengajar berlangsung dan ketika guru menerangkan pelajaran di depan kelas.Desain penelitian yang digunakan yaitu desain pre-test dan post-test group. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen skala sikap berpikir positif yang berjumlah 40 butir, namun setelah diujicobakan ternyata terdapat 10 butir angket yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini hanya 30 butir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berpikir positif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan berada pada kategori sedang, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata skor berpikir positif siswa sebelum diberi layanan sebesar 85,3. Berpikir positif siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata skor sikap berpikir positif siswa setelah diberi layanan sebesar 127,7 maka disimpulkan bahwa sikap berpikir positif siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai thitung adalah 2,97 dan itu lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,812, maka thitung> ttabel = (2,97 > 1,812), dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap sikap berpikir positif siswa dalam belajardapat diterima kebenarannya. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1833 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 95.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 12.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 13.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 61.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 86.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 53.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 12.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 14.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN I.docx | LAMPIRAN | 94.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.