Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1833
Title: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP BERFIKIR P[OSITIF DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Authors: DEWI, SHANDRA
Issue Date: 28-Sep-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 51 BK 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap sikap berpikir positif siswa dalam belajar di kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Teknik pengambilan data menggunakan angket tertutup. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Washliyah 3 Medan. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 10 siswa, hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan mengenai sikap berpikir positif siswa. Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian siswa tersebut kurang berpikir positif ketika proses belajar mengajar berlangsung dan ketika guru menerangkan pelajaran di depan kelas.Desain penelitian yang digunakan yaitu desain pre-test dan post-test group. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen skala sikap berpikir positif yang berjumlah 40 butir, namun setelah diujicobakan ternyata terdapat 10 butir angket yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini hanya 30 butir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berpikir positif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan berada pada kategori sedang, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata skor berpikir positif siswa sebelum diberi layanan sebesar 85,3. Berpikir positif siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata skor sikap berpikir positif siswa setelah diberi layanan sebesar 127,7 maka disimpulkan bahwa sikap berpikir positif siswa kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai thitung adalah 2,97 dan itu lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,812, maka thitung> ttabel = (2,97 > 1,812), dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap sikap berpikir positif siswa dalam belajardapat diterima kebenarannya.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1833
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER95.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR12.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK13.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II61.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III86.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV53.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V12.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA14.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN I.docxLAMPIRAN94.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.