Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1837
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIHOMBING, SRI WAHYUNI-
dc.date.accessioned2022-07-27T08:10:56Z-
dc.date.available2022-07-27T08:10:56Z-
dc.date.issued2017-11-30-
dc.identifier.other131484106-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1837-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Swasta Al-Manar Medan mengatasi stres dalam belajar pada siswa pada kategori tinggi. Melalui layanan informasi ini dapat mengurangi stres dalam belajar pada siswa. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi dengan teknik diskusi untuk mengurangi stres dalam belajar pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian ini yaitu 30 orang siswa kelas VII-1. Di mana 30 siswa tersebut merupakan hasil analisis observasi dan wawancara. Penelitian bertujuan untuk mengurangi stres dalam belajar pada siswa dan untuk membuktikan apakah Layanan Informasi dengan teknik diskusi efektif mengurangi stres dalam belajar pada siswa di SMP Swasta Al-Manar Medan pada kelas VII-1 sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil pengamatan, analisis data pada penelitian ini adalah diskripsi kualitatif karena membandingkan tingkat stres dalam belajar pada siswa antara kondisi awal (prasiklus) dengan siklus I, siklus II, dan siklus III (Pasca Siklus). Hasil Akhir dari kegiatan layanan informasi berhasil menurunkan jumlah siswa yang mengalami stres dalam belajar pada kriteria tinggi hingga sampai 0% dan berubah menjadi kategori sedang sebesar 66 % atau dengan rincian sebanyak 20 siswa dan siswa yang memiliki kriteria tinggi sebesar 34% dengan rincian sebanyak 10 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah stres dalam belajar yang terjadi pada siswa dapat diatasi melalui layanan informasi dengan teknik diskusi. Saran yang diberikan kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah tersebut diharapkan dapat menurunkan siswa yang mengalami stres dalam belajar melalui layanan informasi dengan teknik diskusi, serta pihak sekolah agar menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 55 BK 2017en_US
dc.titleUPAYA MENGATASI STRESS DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-MANAR MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER25.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN11.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK13.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I22.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II57.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III81.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV63.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA14.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.