Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1837
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SIHOMBING, SRI WAHYUNI | - |
dc.date.accessioned | 2022-07-27T08:10:56Z | - |
dc.date.available | 2022-07-27T08:10:56Z | - |
dc.date.issued | 2017-11-30 | - |
dc.identifier.other | 131484106 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1837 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Swasta Al-Manar Medan mengatasi stres dalam belajar pada siswa pada kategori tinggi. Melalui layanan informasi ini dapat mengurangi stres dalam belajar pada siswa. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi dengan teknik diskusi untuk mengurangi stres dalam belajar pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian ini yaitu 30 orang siswa kelas VII-1. Di mana 30 siswa tersebut merupakan hasil analisis observasi dan wawancara. Penelitian bertujuan untuk mengurangi stres dalam belajar pada siswa dan untuk membuktikan apakah Layanan Informasi dengan teknik diskusi efektif mengurangi stres dalam belajar pada siswa di SMP Swasta Al-Manar Medan pada kelas VII-1 sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil pengamatan, analisis data pada penelitian ini adalah diskripsi kualitatif karena membandingkan tingkat stres dalam belajar pada siswa antara kondisi awal (prasiklus) dengan siklus I, siklus II, dan siklus III (Pasca Siklus). Hasil Akhir dari kegiatan layanan informasi berhasil menurunkan jumlah siswa yang mengalami stres dalam belajar pada kriteria tinggi hingga sampai 0% dan berubah menjadi kategori sedang sebesar 66 % atau dengan rincian sebanyak 20 siswa dan siswa yang memiliki kriteria tinggi sebesar 34% dengan rincian sebanyak 10 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah stres dalam belajar yang terjadi pada siswa dapat diatasi melalui layanan informasi dengan teknik diskusi. Saran yang diberikan kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah tersebut diharapkan dapat menurunkan siswa yang mengalami stres dalam belajar melalui layanan informasi dengan teknik diskusi, serta pihak sekolah agar menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 55 BK 2017 | en_US |
dc.title | UPAYA MENGATASI STRESS DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-MANAR MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 25.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 11.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 13.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 13.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 22.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 57.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 81.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 63.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 13.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 14.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.