Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1874
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNurmairina, S.Pd.I.,M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorLUBIS, DITA PARADILLA MELENIA-
dc.date.accessioned2022-08-02T07:44:16Z-
dc.date.available2022-08-02T07:44:16Z-
dc.date.issued2021-12-16-
dc.identifier.other171434223-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1874-
dc.description.abstractRendahnya ketuntasan belajar siswa pada kompetensi keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101771 Tembung merupakan alasan mendasar yang melatarbelakangi penyusunan penelitian ini. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti pada pra penelitian dengan guru, dimana hanya terdapat 9 atau 30% dari 30 siswa yang memproleh nilai di atas KKM >75 dengan kategori tuntas. Sehingga masih terdapat banyak siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung yang belum tuntas atau belum mencapai nilai di atas KKM < 75, ada 21 atau 70% dari 30 siswa yang memproleh nilai dengan kategori tidak tuntas. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua pertemuan, setiap pertemuan terbagi atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitianini adalah kelas IV SD Negeri 101771 Tembung yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi sebagai instrument pada kegiatan guru dan siswa dan rubric peneilaian untuk menghitung keterampilan berbicara siswa dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kegiatan para siklus, pada prasiklus prosenta seketuntasan adalah 30% dari jumlah siswa dan siklus I mengalami peningkatan dengan jumlah ketuntasan 74% sampai siklus akhir kenaikan terlihat semakin signifikan dengan prosentase ketuntasan siswa adalah 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 112 PGSD 2021en_US
dc.subjectpenelitian tindakan kelasen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.subjectbermain peranen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.docxCOVER23.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN250.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5.DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4.KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR67.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3. ABSTRAK - DITA PRADILLA MELENIA LUBIS.docxABSTRAK19.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6.BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7.BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II30 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8.BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III74.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9.BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV102.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10.BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11.DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12.LAMPIRAN.docxLAMPIRAN616.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13. BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA262.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.