Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1963
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDrs. Darajat Rangkuti., MPd; Rahmadi Ali., SPdI., MPdI ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorDEVI, MIRNAWATI-
dc.date.accessioned2022-08-09T01:58:36Z-
dc.date.available2022-08-09T01:58:36Z-
dc.date.issued2020-07-21-
dc.identifier.other161614001-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1963-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce dengan media bambu dan pipet. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kelompok eksperimen secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Model penelitian yang digunakan model quasi experimental dengan rancangan group design. Subjek penelitian ini yaitu anak kelas B kelompok eksperimen RA Az-Zahra, sejumlah 15 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus. Pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwakegiatan meronce yang dilakukan dengan meronce menggunakan media bambu dan pipet yang dilakukan dengan membandingkan menggunkan media bambu dan media pipet dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal kelas eksperimen dengan media bambu kemampuan motorik halus anak 51,90 % sedangkan kelas eksperimen dengan media pipet kemampuan motorik halus anak 53,03%. Setelah dilakukan penelitian kondisi akhir kelas eksperimen hasilnya pada kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce mengalami peningkatan yang dapat dilihat yaitu meronce dengan media bambu kemampuan motorik halus anak (52,64). Sedangkan kelas eksperimen dengan media pipet kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi (69,21 %) Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Penjelasan guru dalam meronce lebih diperjelas dengan guru mendemonstrasikan cara meronce sampai selesai; 2) Peneliti mencontohkan cara memasukkan benang ke lubang roncean; (3) Peneliti membrikan contoh kalung hasil dari roncean; 4) Guru mendampingi dan memotivasi anak; 5) Peneliti menambah jumlah bambu dan pipet yang tersedia agar anak tidak berebut saat mengambil roncean.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 07 PG-PAUD 2020en_US
dc.subjectPerbandingan Kemampuan Motorik Halusen_US
dc.subjectmeronce dengan media bambu dan pipet. en_US
dc.titlePERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA BAMBU DAN PIPET DI RA FATIMAH AZ-ZAHRA TAHUN AJARAN 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161614001_FILE 1.docxCOVER DAN ABSTRAK29.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
161614001_FILE 2.docxDAFTAR ISI DAN KATA PENGANTAR108.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
161614001_FILE 3.docx
  Restricted Access
BAB I24.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
161614001_FILE 4.docx
  Restricted Access
BAB II30.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
161614001_FILE 5.docx
  Restricted Access
BAB III235.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
161614001_FILE 6.docx
  Restricted Access
BAB IV DAN BAB V100.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
161614001_FILE 7.docxDAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN84.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.