Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1997
Title: TINJAUAN YURIDIS PERAN ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL TERHADAP UPAYA KESEJAHTERAAN ANAK TERKHUSUS DI SEKTOR PENDIDIKAN ( Studi Kasus PUSAKA INDONESIA )
Authors: Dr.Yeltriana, S.H,M.H ( PEMBIMBING )
HASIBUAN, MHD. HENDRI FACHRUROZI
Keywords: organisasi
program
masyarakat
kesejahteraan anak
Issue Date: 2-Sep-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 19 IL.HUK 2021
Abstract: Organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) merupakan perwujudan dari berlangsungnya masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan dan membela kepentingan rakyat dari dominasi kepentingan modal dan politik praktis. Skripsi ini berjudul Tinjauan Aspek Hukum Peran Organisasi Masyarakat Sipil Terhadap Upaya Kesejahteraan Anak Terkhusus di Sektor Pendidikan. Dengan kekuatan kolektivitas, kemampuan dan pengorganisasian massa, Ormas dan LSM berfungsi mengawasi dan terlibat dalam kebijakan-kebijakanatau program-program pembangunan demi kepentingan publik. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif, yakni mencari kebenaran kuantitas dengan memperoleh data-data yang dapat dihitung secara kuantitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian dengan menggunakan literatur buku, majalah, jurnal, internet dan sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Yayasan Pusaka Indonesia (YPI)dengan sumberdaya yang dimilikinya dan ruang lingkup pekerjaan yang ditekuninya, memiliki peran penting membantu Pemerintah dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas. Di tengah keterbatasan dukungan materil, LSM atau OMS harus mampu membaca situasi dan peluang untuk mendapatkan pendanaan mandiri, guna menghidupi lembaganya dan menjalankan program-programnya untuk kesejahteraan anak terutama di sector pendidikan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1997
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER SKRIPSI.docxCOVER41.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. kata pengantar & daftar isi skripsi hendrik (3) (1) yg betul, ABSTRAK.docxDAFTAR ISI, KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK25.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I36.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II44.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III DAN IV207.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V14.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA17.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
7. Lampiran.docxLAMPIRAN3.67 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.