Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2013
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dra. Disna Anum Siregar., Msi; Drs. Samsul Bahri., Msi ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | SIREGAR, HAFIZAH TRI RIZKY | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-13T02:58:43Z | - |
dc.date.available | 2022-09-13T02:58:43Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-25 | - |
dc.identifier.other | 161354014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2013 | - |
dc.description.abstract | Kekawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: Ingin mengetahui efektivitas pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PPKn setelah diterapkannya pembelajaran Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi pada siswa Kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi terhadap hasil belajar PPKn. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PPKn setelah diterapkannya kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi pada siswa Kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (89,29). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi sangat efektif terhadap hasil belajar Siswa kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 11 PPKN 2020 | en_US |
dc.subject | PPKn | en_US |
dc.subject | Efektivitas Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Resitasi | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VII SMP K.H AHMAD DAHLAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 24.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 12.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 63.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 14.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 18.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 19.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 33.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 27.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 15.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 14.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.