Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2013
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Disna Anum Siregar., Msi; Drs. Samsul Bahri., Msi ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSIREGAR, HAFIZAH TRI RIZKY-
dc.date.accessioned2022-09-13T02:58:43Z-
dc.date.available2022-09-13T02:58:43Z-
dc.date.issued2020-07-25-
dc.identifier.other161354014-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2013-
dc.description.abstractKekawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: Ingin mengetahui efektivitas pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PPKn setelah diterapkannya pembelajaran Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi pada siswa Kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi terhadap hasil belajar PPKn. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PPKn setelah diterapkannya kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi pada siswa Kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (89,29). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Resitasi sangat efektif terhadap hasil belajar Siswa kelas VII SMP K.H AHMAD DAHLAN. Serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 11 PPKN 2020en_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.subjectEfektivitas Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Resitasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleEFEKTIVITAS KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VII SMP K.H AHMAD DAHLANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER24.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN12.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR63.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK14.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I18.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II19.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III33.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV27.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V15.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA14.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.