Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2026
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDrs. Ulian Barus, M.Pd ; Dra. Hj. Disna Anum Suregar, M.Si ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSIREGAR, NANA JULIANA-
dc.date.accessioned2022-09-14T03:12:18Z-
dc.date.available2022-09-14T03:12:18Z-
dc.date.issued2017-09-09-
dc.identifier.other131354022-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2026-
dc.description.abstractPermasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas X MAS Al Washliyah Gading Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning jigsaw dengan media powerpoint, apakah dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas X MAS Al Washliyah Gading Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2016 / 2017”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Al Washliyah Gading Tanjung Balai yang berjumlah 30 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah adalah tindakan sebagai penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dengan media powerpoint dalam meningkatkan prestasi belajar PPKn. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning jigsaw dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X MAS Al Washliyah Gading Tanjung Balai. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I 52,91% dan pada siklus II 83,33%. Untuk peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan 18 dari 30 siswa telah tuntas belajar persentase 60% dan pada siklus II 27 dari 30 siswa telah tuntas belajar dengan persentase 90%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning jigsaw dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X MAS Al Washliyah Gading tanjung Balai. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 15 PPKN 2017en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dan Media Powerpointen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X MASen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER25.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN11.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI12.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
abstrak.docxABSTRAK13.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II22.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III23.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV42.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V14.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA11.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN 1.docxLAMPIRAN872.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.