Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2028
Title: PENERAPAN KOLABORASI METODE NHT DAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS X SMAN 2 LAWE BULAN T.P 2017/2018
Authors: Dra. Hj. Disna Anum Siregar ; Drs. Samsul bahri, M.Si ( PEMBIMBING )
PELAS, MINA UMRAH
Keywords: Metode Numbered Heads Together dan Resitasi
Motivasi Belajar Siswa
PPKN
Issue Date: 27-Feb-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 18 PPKN 2017
Abstract: Melalui metode NHT dan Resitasi diharapkan siswa akan termotivasi dalam maengikuti proses pembelajaran PPKN. Siswa dituntut untuk berperan aktif dalam kelompoknya sehingga tidak mudah merasa bosan dan tetap berkonsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : " Apakah metode NHT dan Resitasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswapada mata pelajaran PPKN kaelas X SMAN 2 lawe bulan. Permasalahan dibatasi pada : 1) Model pembelajaran yang digunakan/diteliti adalah metode NHT dan Resitasi. 2) Motivasi yang akan diteliti adalah Motivasi belajar PPKN siswa kelas X SMAN 2 lawe bulan. Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah serta perumusan masalah di atas maka penulis mempunyai tujuan sebagai berikut : " Untuk mengetahui apakah metode NHT dan Resitasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN Kelas X SMAN 2 lawe bulan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 2 Lawe Bulan yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 34 siswa. Maka sampel untuk penelitian ini adalah siswa-siswi ke;las XSMAN 2 lawe bulan yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 34 siswa (sampel total). Dari hasil penelitian, penerapan metode NHT dan Resitasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN Kelas X SMAN 2 Lawe Bulan. Dimana hasil pelaksanaan tindakan siklus I sebesar 71 % siswa memiliki motivasi tinggi dan siklus II sebesar 94% siswa memiliki motivasi tinggi, sehingga hasil pelaksanaan tindakan siklus I ke siklus II terdapat peningkatan jumlah siswa yang memiliki motivasi tinggi yaitu 23%. Pada hasil pengamatan untuk interaksi siswa siklus I terdapat 59% siswa aktif berinteraksi dan siklus II sebesar 86% siswa aktif berinteraksi, sehingga terdapat peningkatan jumlah siswa yang aktif berinteraksi dari siklus I ke siklus II yaitu 27%. Untuk hasil belajar siswa siklus I 74% siswa mencapai batas ketuntasan dan siklus II 91% siswa mencapai batas ketuntasan, sehingga terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan dari siklus I ke siklus II yaitu 17%.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2028
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER27.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN18.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR19.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I21.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II36.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III63.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV112.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA17.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 1.docxLAMPIRAN58.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.