Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2130
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | APPRILIA, AULIA | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-27T03:04:28Z | - |
dc.date.available | 2022-10-27T03:04:28Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-07 | - |
dc.identifier.other | 181114020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2130 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan interpersonal berbasis Dalihan Na Tolu pada 16 siswa kelas VII A SMP Ulun Nuha Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yang diajukan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang dikenal model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini berupa lembar validasi ahli, lembar penilaian oleh siswa, lembar penilaian oleh guru dan angket kecerdasan interpersonal siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: 1) Kevalidan modul garis dan sudut yang berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh rata-rata skor validator diperoleh 84,9% kriteria sangat valid; 2) Keefektifan modul garis dan sudut berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh skor rata-rata 84,9% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji coba produk dan hasil jawaban siswa menunjukkan bahwa tercapainya sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis antara lain: kemampuan siswa menjelaskan ide-ide matematika (mathematical expression), melukis sudut (drawing), menyusun argumen dengan bahasa sendiri (written text). Sedangkan dimensi kecerdasan interpersonal yang tercapai antara lain: berdiskusi (Social Communication), dan sikap saling bekerja sama (Social Sensitivity); 3) Kepraktisan modul garis dan sudut berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh skor rata-rata sebesar 97,3% dengan kriteria sangat baik. Didukung komentar guru yang positif, dapat disimpulkan bahwa modul dinnyatakan praktis dan memberikan suasana baru bagi siswa sehingga penggunaan modul dinyatakan layak sebagai bahan ajar alternatif khususnya pada materi garis dan sudut. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 07 PEND.MM 2022 | en_US |
dc.subject | Kemampuan komunikasi matematis | en_US |
dc.subject | kecerdasan interpersonal | en_US |
dc.subject | Dalihan Na Tolu | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL BERBASIS DALIHAN NA TOLU | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.rtf | COVER | 702.12 kB | RTF | View/Open |
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.rtf | LEMBAR PERSETUJUAN | 5.81 MB | RTF | View/Open |
DAFTAR ISI.rtf | DAFTAR ISI | 74.89 kB | RTF | View/Open |
KATA PENGANTAR.rtf | KATA PENGANTAR | 6.25 MB | RTF | View/Open |
ABSTRAK.rtf | ABSTRAK | 6.01 MB | RTF | View/Open |
BAB I.rtf Restricted Access | BAB I | 12.15 MB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB II.rtf Restricted Access | BAB II | 311.68 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB III.rtf Restricted Access | BAB III | 684.26 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 14.28 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.rtf Restricted Access | BAB V | 57.5 kB | RTF | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.rtf | DAFTAR PUSTAKA | 65.61 kB | RTF | View/Open |
LAMPIRAN 1.rtf | LAMPIRAN | 83.06 MB | RTF | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.rtf | BIODATA | 5.79 MB | RTF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.