Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2130
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAPPRILIA, AULIA-
dc.date.accessioned2022-10-27T03:04:28Z-
dc.date.available2022-10-27T03:04:28Z-
dc.date.issued2022-07-07-
dc.identifier.other181114020-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2130-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan interpersonal berbasis Dalihan Na Tolu pada 16 siswa kelas VII A SMP Ulun Nuha Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yang diajukan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang dikenal model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini berupa lembar validasi ahli, lembar penilaian oleh siswa, lembar penilaian oleh guru dan angket kecerdasan interpersonal siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: 1) Kevalidan modul garis dan sudut yang berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh rata-rata skor validator diperoleh 84,9% kriteria sangat valid; 2) Keefektifan modul garis dan sudut berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh skor rata-rata 84,9% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji coba produk dan hasil jawaban siswa menunjukkan bahwa tercapainya sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis antara lain: kemampuan siswa menjelaskan ide-ide matematika (mathematical expression), melukis sudut (drawing), menyusun argumen dengan bahasa sendiri (written text). Sedangkan dimensi kecerdasan interpersonal yang tercapai antara lain: berdiskusi (Social Communication), dan sikap saling bekerja sama (Social Sensitivity); 3) Kepraktisan modul garis dan sudut berbasis Dalihan Na Tolu diperoleh skor rata-rata sebesar 97,3% dengan kriteria sangat baik. Didukung komentar guru yang positif, dapat disimpulkan bahwa modul dinnyatakan praktis dan memberikan suasana baru bagi siswa sehingga penggunaan modul dinyatakan layak sebagai bahan ajar alternatif khususnya pada materi garis dan sudut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 07 PEND.MM 2022en_US
dc.subjectKemampuan komunikasi matematisen_US
dc.subjectkecerdasan interpersonalen_US
dc.subjectDalihan Na Toluen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL BERBASIS DALIHAN NA TOLUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.rtfCOVER702.12 kBRTFView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.rtfLEMBAR PERSETUJUAN5.81 MBRTFView/Open
DAFTAR ISI.rtfDAFTAR ISI74.89 kBRTFView/Open
KATA PENGANTAR.rtfKATA PENGANTAR6.25 MBRTFView/Open
ABSTRAK.rtfABSTRAK6.01 MBRTFView/Open
BAB I.rtf
  Restricted Access
BAB I12.15 MBRTFView/Open Request a copy
BAB II.rtf
  Restricted Access
BAB II311.68 kBRTFView/Open Request a copy
BAB III.rtf
  Restricted Access
BAB III684.26 kBRTFView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV14.28 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.rtf
  Restricted Access
BAB V57.5 kBRTFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.rtfDAFTAR PUSTAKA65.61 kBRTFView/Open
LAMPIRAN 1.rtfLAMPIRAN83.06 MBRTFView/Open
BIODATA MAHASISWA.rtfBIODATA5.79 MBRTFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.