Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2145
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Fata Ibnu Hajar, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | WAHYUNI, RISMA | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-27T08:04:28Z | - |
dc.date.available | 2022-10-27T08:04:28Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-07 | - |
dc.identifier.other | 181214042 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2145 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang membedakan fakta dan opini pada surat kabar Tribun medan. Tajuk rencana adalah tulisan khusus di surat kabar yang menjadi sasaran utama pembaca karena memuat pandangan atau pendapat redaksi tentang permasalahan aktual yang menjadi pusat perhatian masyarakat. Dalam tajuk rencana terdapat fakta dan opini. Fakta merupakan kejadian nyata yang benar-benar terjadi, sedangkan Opini merupakan pendapat dari pemimpin redaksi atau redaktor senior dalam menyikapi permasalahan yang terdapat dalam masyarakat. Penelitian ini mendeskripsikan : 1) Kompetensi menentukan fakta dan opini dari surat kabar Tribun Medan EdisiSelasa01 Februari 2022 oleh siswa kelas X SMA YPK Batubara dan 2) Kompetensi membedakan fakta dan opini dari surat kabar Tribun Medan Edisi Selasa 01 Februari 2022 oleh siswa kelas X SMA YPK Batubara. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa kelas yang menjadi sampel penelitian,terdapat 27 orang siswa (84,38%) mampu dalam menentukan fakta dan opini dalam teks tajuk rencana , dan 5 orang siswa (15,62%) tidak mampu dalam menentukan fakta dan opini dalam teks tajuk rencana. Hal ini dapat dikatakan bahwa kompetensi siswa kelas X SMA YPK Batubara dalam menentukan fakta dan opini dalam teks tajuk rencana surat kabar Tribun Medan mampusecaraklasikal. Dikatakan demikian karena siswa yang secara individual mencapai kompetensi minimal 85% hanya sebesar 84,38% tidak mencapai criteria ketuntasan klasikal yaitu 15%. Tingkat kompetensi siswa kelasX SMA YPK Batubara dari berbeda-beda pada setiap aspek permasalahan yaitu, 1) Kompetensi menentukan fakta dan opini memperoleh persentase sebesar 84,38% (mampu), 2) Kompetensi membedakan fakta dan opini memperoleh persentase sebesar 15,62% (tidak mampu) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 15 PEND.BIND 2022 | en_US |
dc.subject | Surat Kabar | en_US |
dc.subject | Tribun | en_US |
dc.subject | Fakta | en_US |
dc.subject | Opini | en_US |
dc.title | MENGANALISIS PERBEDAAN ANTARA FAKTA DAN OPINI MELALUI SURAT KABAR TRIBUN MEDAN PADA SISWA KELAS X SMA YPK BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 48.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 17.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 19.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 29.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 18.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 41.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 30.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 32.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 25.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 25.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 63.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA | 94.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.