Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2146
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahmat Kartolo, S.Pd., M.Pd., Ph.D ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSIREGAR, NURUL ARAFAH-
dc.date.accessioned2022-10-27T08:19:56Z-
dc.date.available2022-10-27T08:19:56Z-
dc.date.issued2022-07-07-
dc.identifier.other181214089-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2146-
dc.description.abstractPenelitian ini menganalisis pemerolehan bahasa Indonesia pada bahasa pertama dan kedua anak usia 5-6 tahun di Paud Gendis Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu terdapat seorang murid di PAUD Gendis yang sudah berusia mulai dari 5-6 tahun yang masih menggunakan bahasa pertama dalamberinteraksi dan berkomunikasi terhadap temannya dan juga gurunya.Hal ini dapat mengacu pada beberapa faktor yang membuat anak masih menggunakan bahasa pertamanya sehingga anak kesulitan dalam mempelajari pemerolehan bahasa keduanya. Objek penelitian ini adalah bidang fonologi.Teknik penyajian data yang dilakukan, peneliti menggunakan pola deskriptif. Peneliti menggunakan buku catatan harian tentang bagaimana anak berbahasa dalam berinteraksi kepada gurunya atau temannya dan menggunakan video tape sebagai alat pengganti untuk buku catatan. Selanjutnya adalah mengambil setiap tuturan dan menggambarkan konteks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode menyimak penggunaan bahasa.Teknik dasar metode ini berwujud teknik sadap dan diikuti dengan teknik lanjutan berupa simak bebas cakap dan teknik catat. Hasil analisi ke 16 anak, terdapat 7 anak yang banyak mengeluarkan bunyi laringalatau hamzah pada kalimat yang berakhiran huruf vokal /a/, /i/, dan /u/.tidakhan yaitu saja, terdapat 7 anak yang mengalami perubahan fonologisnya mengakibatkan perubahan bunyi seperti fonem /r/ menjadi /l/, /d/ menjadi /t/ dan /n/ menjadi /m/. Dalam hal ini 7 anak yang udianya sudah 5-6 tahun tergolong tidak wajar, sebabseusiaanak tersebut sudah dapat memperoleh bahasa kedua atau sempurna dalam penyebutan dan bunyi bahasa yang digunakan anak. Hal ini sangat membuat anak nantinya mengalami kesulitan dalam lawan berbicaranya karena masih sulit memahami maksud dari bahasa anak tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 16 PEND.BIND 2022en_US
dc.subjectFonologien_US
dc.subjectpemerolehan bahasa indonesiaen_US
dc.subjectbahasa pertama dan keduaen_US
dc.subjectkonsonan dan vokalen_US
dc.titleANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA BAHASA PERTAMA DAN BAHASA KEDUA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD GENDIS KELURAHAN SARI REJO MEDAN POLONIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER219.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN28.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR33.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK34.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I37.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II107.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III37.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV47.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V31.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA33.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.76 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA Nurul Arafah Siregar.docBIODATA25.5 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.