Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2588
Title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA SUHU DAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR
Authors: Lubis, Asdelina
M.Pd, Dra. Sukmawati
Keywords: Discovery learning
Kelas V sekolah dasar.
Issue Date: 8-Feb-2022
Publisher: FKIP UMN Al washliyah 18 PGSD 2023
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya LKPD yang di gunakan guru masih menggunakan methode konvensional dalam proses pembelajaran. Guru belum mengembangkan LKPD yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan LKPD berbasis discovery learning (2) Mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada Pembelajaran suhu dan kalor di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan validator ahli desain, tidak menggunakan uji coba lapangan karena belum berakhirnya COVID-19 di Indonesia sesuai dengan kebijakan pemerintah.Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket kepada ahli matrei dan ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli materi yaitu Ibu Dara Fitrah Dwi, S.Pd., M.Pd pada tahap I memperoleh hasil presentase kelayakan 88% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” dan pada tahap II memperoleh hasil presentase kelayakan 92% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak”, sedangkan menurut validator ahli desain yaitu Bapak Sujarwo, S.Pd., M.Pd pada tahap I memperoleh hasil presentase kelayakan 70,67% termasuk dalam kriteria “Baik” dengan tingkat kelayakan “Layak” dan pada tahap II memperoleh hasil presentase kelayakan 90,67% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli desain maka LKPD berbasis discovery learning layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada Pembelajaran suhu dan kalor layak digunakan untuk pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2588
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK384.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB 127.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB 241.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB 363.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB 46.16 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB 524.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBiodata mahasiswa263.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER38.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI27.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR52.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN612.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLembar Pengesahan305.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.