Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2811
Title: | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD NEGERI 101731 KP. LALANG |
Authors: | Ahmad Landong Rahmi, Latifa |
Keywords: | Pengaruh PBL Hasil Belajar |
Issue Date: | 20-Dec-2022 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 37 PGSD 2023 |
Abstract: | Penilitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar pada tema perkembangan teknologi siswa kelas III yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning serta Untuk menguji pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi siswa kelas III. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas III SD yang berjumlah 58 orang yang terdiridari 2 kelas III A dan III B. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dikembangkan karena adanya kesulitan dalam mendapatkan kelompok kontrol yang dapat berfungsi sepenuhnya di dalam mengontrol variabel-variabelluar yang dapat mempengaruhi eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (pbl) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa padamatapelajaran tematiktema perkembangan teknologi di kelas III SD Negeri 101731 Kp. Lalang tahun pelajaran 2021/2022”. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-tes sampel independen, diperoleh nilai thitung = 2,43 dan nilai ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel = 2,43 > 2,04, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema perkembangan teknologi siswa kelas III SD NEGERI 101731 KP. LALANG Begitu juga dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen 68,33 dan kelas kontrol 59,56, sehingga dapat dilihat pengaruhnya pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2811 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 294.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB 1 | 29.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB 2 | 67.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB 3 | 70.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB 4 | 45.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB 5 | 19.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | Biodata mahasiswa | 199.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 79.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 19.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 18.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 230.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 573.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 187.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.