Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/312
Title: | Hubungan Membaca Cepat Menggunakan Strategi Pola Penalaran Dengan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Rizki Ananda Tahun Pembelajaran 2020-2021 |
Authors: | LUBIS, RAMADIANTI |
Keywords: | membaca cepat strategi pola penalaran kemampuan menentukan ide pokok paragraf argumentasi |
Issue Date: | 6-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 05 PEND.BIND 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan membaca cepat menggunakan strategi pola penalaran dengan kemapuan menentukan ide pokok paragraf argumentasi oleh siswa X SMA Rizki Ananda tahun pembelajaran 2020-2021. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Rizki Ananda. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 25 orang seluruhnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan eksperimen (korelasi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Metode ini digunakan mengingat data yang dibutuhkan sudah ada (melekat pada sampel) sehingga penelitian bertujuan untuk menggambarkan kadar hubungan (korelasi) data-data yang diinginkan. Dalam hal ini penelitian tidak mengajar melainkan hanya mendeskripsikan keberhasilan siswa mengaplikasikan hal tersebut. Meskipun tujuan membaca sudah ditentukan sebelum kita membaca, tetapi seorang pembaca harus mampu membaca secara fleksibel. Membaca yang fleksibel adalah kegiatan membaca di mana seorang pembaca dapat mengatur kecepatan membacanya dengan bahan yang dibacanya yang sesuai dengan tujuan membacanya. Dalam hal ini, seorang pembaca harus dapat menyesuaikan strategi pola penalaran membacanya dengan menentukan ide pokok paragraf argumentasi. Setelah dilakukan perhitungan , maka diperoleh koefisien korelasi pada tabel (X) bahwa kemampuan siswa dalam membaca cepat menggunakan strategi pola penalaran, yaitu dengan hasil nilai rata-rata 42,8. Sedangkan diperoleh pada tabel (Y) bahwa menentukan ide pokok paragraf argumentasi, yaitu dengan hasil nilai rata-rata 74,2. Dari data perhitungan terlihat bahwa korelasi antara X dan Y = 1,396. Kebenaran dari hasil data tersebut dapat diterima dengan hasil pengujian demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kemampuan membaca cepat seorang siswa dengan strategi pola penalaran, maka semakin tinggi pula kemampuan dalam menentukan ide pokok paragraf argumentasi. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/312 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 91.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 16.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 61.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 15.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 24.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 71.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 35.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 32.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 16.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 15.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 469.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.