Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3134
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimamora, Novi Riana Sari 151614104-
dc.contributor.authorRangkuti, Darajat (pembibing)-
dc.contributor.authorFriska, Novita (Pembibing)-
dc.date.accessioned2023-09-11T02:50:19Z-
dc.date.available2023-09-11T02:50:19Z-
dc.date.issued2020-01-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3134-
dc.description.abstractMasalah pada penelitian ini yaitu kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TK Raudhatul Athfal Al-Ikhlasiyah masih rendah dan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini dapat ditingkatkan dengan media kartu bergambar di TK Raudhatul Athfal al-Ikhlasiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkankemampuan membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan media kartu bergambar pada anak usia dini di TK Raudhatul Athfal Al-Ikhlashiyah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian tindakan ini dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di TK Raudhatul Athfal Al-Ikhlashiyah yang berjumlah 15 anak. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunujukkan pada perkembangan membaca huruf hijaiyah anak pada setiap indikator belum memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan atau berkembang sangat baik, ini dapat dilihat pada siklus I, Indikator I: Anak mampu membedakan huruf hijaiyah yang bertitik dan tidak bertitik (bentuk dan tanda) mencapai 40%, Pada Indikator II: Anak mampu mengucapkan huruf hijaiyah dengan tepat mencapai 60%, Indikator III: Anak mampu membaca huruf hijaiyah mencapai 40%, hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan tindakan pembelajaran di siklus II. Setelah dilakukan tindakan siklus II, maka diketahui bahwa perkembangan membaca huruf hijaiyah anak semakin meningkat, ini dapat dilihat pada setiap indikator mencapai 80% dimana anak sudah mampu membedakan huruf hijaiyah yang bertitik dan tidak bertitik (bentuk dan tanda) mencapai 87%, anak sudah mampu mengucapkan huruf hijaiyah mencapai 80% Hal ini dapat dibuktikan dalam kegiatan yang dilakukan anak dalam praktek langsung selama proses pembelajaran berlangsung dan berdasarkan hasil pengamatan oleh peneliti.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 10 PG-PAUD 2023en_US
dc.subjectkemampuan membacaen_US
dc.subjecthuruf hijaiyahen_US
dc.subjectmedia kartu bergambaren_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TK RAUDHATUL ATHFAL AL-IKHLASIYAHen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK134.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I41.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II39.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III60.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV69.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V28.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA106.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER41.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA28.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR78.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN475.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN79.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.