Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3205
Title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN DI KELAS III SD NEGERI 106184 LUBUK PAKAM
Authors: Khoiry, Muhammad
Nurmairina (Pembibing)
Keywords: media mistery box
pembelajaran Tematik
hasil belajar siswa
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 73 PGSD 2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya media mistery box yang digunakaan pada pembelajaran tema 2 terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 106184 Lubuk Pakam, khususnya pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 5. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk design nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas III, yaitu kelas IIIA dan IIIB. Dari dua kelas tersebut, kelas IIIA dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (20 siswa) dan kelas IIIB dikelompokkan menjadi kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media mistery box dan kelas kontrol menerapkan buku paket tema 2. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, karena thitung = 5,12 lebih besar dari pada ttabel = 1,68 (thitung > ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media mistery box lebih efektif dari pada buku paket, serta memberikan pengaruh yang signifikan penggunaan media mistery box terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 kelas III di SD Negeri 106184 Lubuk Pakam, yaitu sebesar 11 (Z=87,5–76,5 =11). Hal tersebut menunjukkan bahwa media mistery box memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas III pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3205
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docCOVER41.5 kBMicrosoft WordView/Open
b. Lembar Pengesahan.docLEMBAR PENGESAHAN382.5 kBMicrosoft WordView/Open
c. KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR354 kBMicrosoft WordView/Open
d. DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI40.5 kBMicrosoft WordView/Open
e. ABSTRAK.docABSTRAK688.5 kBMicrosoft WordView/Open
f. BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I41.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
g. BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II105.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
h. BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III349.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
i. BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV293 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
j. BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V107.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA59.5 kBMicrosoft WordView/Open
l. Lampiran.doc
  Restricted Access
LAMPIRAN2.88 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
m. Biodata Mahasiswa.docBIODATA MAHASISWA1.06 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.