Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/321
Title: | Dampak Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Al Washliyah 9 Perbaungan Tahun Ajaran 2020-2021 |
Authors: | Sutikno, S.Pd., M.Pd., Ph.D ( PEMBIMBING ) ARDILLA, MUTIAH |
Keywords: | Dampak Pembelajaran Concept Sentence Menulis Teks Berita |
Issue Date: | 1-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 14 PEND.BIND 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak model pembelajaran concept sentencepada kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Al-Washliyah 9 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI SMK Al-Washliyah 9 Perbaunganyang berjumlah 144 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas XI SMK Al-Washliyah 9 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021, diperoleh sampel yaitu kelas XI-2. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 59,56 dengan standar deviasi 11,1, sedangkan rata-rata post-test sebesar 84,58 dengan standar deviasi 9,2. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = 0,101dan Ltabel=0,1476. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,101<0,1476). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,1229 dan Ltabel =0,1476. Ternyata L_hitung<L_tabel (0,1229<0,1476). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,471sedangkan Ftabel = 1,87 untuk α= 0,05, dk= 36 orang. Ternyata, Fhitung<Ftabel yakni 1,471< 1,87. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 10,33, sedangkan ttabel = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,33> 2,03. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Concept sentence berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Al-Washliyah 9 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/321 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | 42.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
daftar isi.docx | 31.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
kt. pengantar.docx | 78.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
abstrak.docx | 32.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
bab 1.docx Restricted Access | 39.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy | |
bab 2.docx Restricted Access | 60.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy | |
bab 3.docx Restricted Access | 59.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy | |
bab 4.docx Restricted Access | 75.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy | |
bab 5.docx Restricted Access | 32.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy | |
daftar pustaka.docx | 30.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.