Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3233
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPratiwi, Siska-
dc.contributor.authorKartolo, Rahmat-
dc.date.accessioned2023-10-23T06:29:49Z-
dc.date.available2023-10-23T06:29:49Z-
dc.date.issued2023-07-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3233-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada wacana deskripsi siswa kelas XI. Fokus analisisnya mengenai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yakni kesalahan huruf dan tanda baca dalam wacana deskripsi pada siswa kelas XI SMADolok Batu Nanggar. Fokus masalahnya adalah kesalahan penggunaan huruf dan tanda baca dalam wacana deskripsi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Data kesalahan penggunaan EBI dalam wacana descripsi bersumber dari 35 sampel secara random berkisar 30% dari 117 orang. Data analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi. Data tersebut diperoleh dari 35 orang sampel yang diambil secara random atau acak sebesar 30 % dari populasi 117 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi yang berjudul “Lorong Gelap yang Mengasikkan” oleh Maman S. Mahayana. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi siswa kelas XI SMADolok Batu Nanggar dikatagorikan baik dengan skor tertinggi 90, skor terendah 45, dan rata-rata keseluruhan 70,8. Nilai rata-rata dari setiap aspek yang dianalisis yakni: analisis kesalahan pemakaian huruf 14,02, analisis kesalahan penulisan huruf 16,71, analisis kesalahan penulisan kata 14,62, analisis penulisan unsur serapan 11,94, analisis kesalahan pemakaian tanda baca 13,48. Berdasarkan analisis data dari 35 orang siswa yang dijadikaan sampel dalam penelitian ini ternyata 7 orang (20%) siswa memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori sangat baik, 21 orang (60%) siswa memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori baik, dan 7 orang (20%) siswa yang memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori cukup.en_US
dc.publisherPASCASARJANA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 10 2023 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectKesalahan Berbahasaen_US
dc.subjectEBIen_US
dc.subjectWacanaen_US
dc.subjectDeskripsien_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUNen_US
dc.title.alternativeTESISen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRACT ENGLISH.docxABSTRAK ING551.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK INDO.docxABSTRAK INDO13.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I21.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II77.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III21.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV46.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA SISKA.docxBiodata296.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER SISKA.docxCover619.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI16.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA16.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR63.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN TESIS.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN33.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN4.3 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN277.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.