Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3233
Title: | ANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUN |
Other Titles: | TESIS |
Authors: | Pratiwi, Siska Kartolo, Rahmat |
Keywords: | Kesalahan Berbahasa EBI Wacana Deskripsi |
Issue Date: | 4-Jul-2023 |
Publisher: | PASCASARJANA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 10 2023 PPS PEND.IND |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada wacana deskripsi siswa kelas XI. Fokus analisisnya mengenai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yakni kesalahan huruf dan tanda baca dalam wacana deskripsi pada siswa kelas XI SMADolok Batu Nanggar. Fokus masalahnya adalah kesalahan penggunaan huruf dan tanda baca dalam wacana deskripsi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Data kesalahan penggunaan EBI dalam wacana descripsi bersumber dari 35 sampel secara random berkisar 30% dari 117 orang. Data analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi. Data tersebut diperoleh dari 35 orang sampel yang diambil secara random atau acak sebesar 30 % dari populasi 117 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi yang berjudul “Lorong Gelap yang Mengasikkan” oleh Maman S. Mahayana. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kesalahan EBI pada wacana deskripsi siswa kelas XI SMADolok Batu Nanggar dikatagorikan baik dengan skor tertinggi 90, skor terendah 45, dan rata-rata keseluruhan 70,8. Nilai rata-rata dari setiap aspek yang dianalisis yakni: analisis kesalahan pemakaian huruf 14,02, analisis kesalahan penulisan huruf 16,71, analisis kesalahan penulisan kata 14,62, analisis penulisan unsur serapan 11,94, analisis kesalahan pemakaian tanda baca 13,48. Berdasarkan analisis data dari 35 orang siswa yang dijadikaan sampel dalam penelitian ini ternyata 7 orang (20%) siswa memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori sangat baik, 21 orang (60%) siswa memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori baik, dan 7 orang (20%) siswa yang memperoleh kemampuan menggunakan EBI pada wacana deskripsi dengan katagori cukup. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3233 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRACT ENGLISH.docx | ABSTRAK ING | 551.49 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK INDO.docx | ABSTRAK INDO | 13.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 21.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 77.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 21.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 46.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA SISKA.docx | Biodata | 296.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER SISKA.docx | Cover | 619.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 16.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 16.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 63.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN TESIS.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 33.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 4.3 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 277.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.