Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3241
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiagian, Siti Sahara-
dc.contributor.authorMujib, Abdul-
dc.date.accessioned2023-10-24T02:51:10Z-
dc.date.available2023-10-24T02:51:10Z-
dc.date.issued2023-06-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3241-
dc.description.abstractKonsep image siswa memiliki peranan penting dalam mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematis yang dapat ditinjau berdasarkan gender. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menganalisis peranan konsep image siswa dalam mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualititatif dengan pendekatan Grounded theory. Partisipan dipilih menggunakan pendekatanTheoretical Sampling, dimana pengambilan partisipan berdasarkan konsep-konsep yang terbukti berhubungan secara teoritik dengan teori yang sedang disusun. Data analisis diperoleh berdasarkan hasil tes siswa, wawancara dan tabulasi data yang diberikan kepada partisipan yang dihimpun menjadi sebuah konsep baru, tema kemudian sub kategori yang diinginkan. Teori yang dihasilkan dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki pembentukan konsep image yang baik akan mampu mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematika yang baik. Pemanfaatan konsep image siswa dalam mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematis ditinjau dari gender menghasilkan enam kategori inti yang dikembangkan dan diperoleh melalui pemberian tes dan wawancara. Keenam kategori inti tersebut yakni: 1) Langkah awal, 2) Alur permbuktian, 3) Konsep Terkait, 4) Argumen, 5) Ekspresi kunci, dan 6) Bahasa pembuktian. Konsep image siswa mampu membentuk kemampuan mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematis dengan cara menginterpretasikan kemampuan struktur kognisi yang menghubungkan konsep matematika, termasuk gambar mental, sifat, karakteristik serta proses-proses yang terkait dengan konsep atau sub kategori yang telah ditetapkan yang dibedakan berdasarkan gender. Sehingga peranan konsep image siswa sangatlah penting dalam pembentukan kemampuan mengkonstruksi bukti dan komunikasi matematis yang mampu membuat siswa memiliki kemampuan matematika yang baik dengan memahami berbagai konsep, teorema, definisi serta mampu membuat konjektur dari pernyataan yang telah diberikan.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Matematika 01 2023 PPS PEND.MM-
dc.subjectKonsep Imageen_US
dc.subjectkonstruksi Buktien_US
dc.subjectkomunikasi matematisen_US
dc.subjectgenderen_US
dc.titleANALISIS KONSEP IMAGE SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GENDERen_US
dc.title.alternativeTESISen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK37.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I333.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II538.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III185.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV6.18 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V39.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER112.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI55.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA42.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR38.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN589.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN115.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.