Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3264
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Delvia Oktaria (171114061)-
dc.contributor.authorZahari, Cut Latifah-
dc.date.accessioned2023-10-25T01:45:17Z-
dc.date.available2023-10-25T01:45:17Z-
dc.date.issued2021-11-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3264-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linear tiga variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan minat belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subjek penelitian diambil 3 siswa dari 33 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Portibi.Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendiskripsikan factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita system persamaan linier tiga variabel adalah1) kesalahan membaca soal, meliputi tidak menggerti kata kunci dari soal. 2) kesalahan memahami soal, meliputi tidak menuliskan halapa yang diketahui dan halapa yang ditanya dalam soal, tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal. 3) kesalahan keterampilan proses, meliputi tidak menyelesikan metode penelitian, tidak menuliskan cara perhitungan yang benar. 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, meliputi tidak menuliskan jawaban akhir yang diminta dalam soal. Factor-fsktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan dan tidak paham dengan metode perhitungan yang digunakan. Dari ke-33 siswa terdapat 33,33% atau 11 siswa berada di kriteria sangat berminat dan 41,84% atau 22 siswa berada di kriteria berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar sudah cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan lagien_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 15 PEND. MM 2023en_US
dc.subjectanalisis kesalahan prosedur Newmanen_US
dc.subjectsoal ceritaen_US
dc.subjectminat belajaren_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSISDALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 PORTIBIen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK1.33 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II47.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III37.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV4.18 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V18.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA877 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER25.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA18.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR132.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PESETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PESETUJUAN SKRIPSI878.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.