Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3397
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurpaizah-
dc.contributor.author161234080-
dc.contributor.authorKartolo, Rahmat-
dc.contributor.authorSutikna-
dc.date.accessioned2023-11-17T02:08:28Z-
dc.date.available2023-11-17T02:08:28Z-
dc.date.issued2022-08-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3397-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membaca melalui implementasi kultur literasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pesisir. Penelitian ini termasuk jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (Action Research). Kemampuan literasi sangat dibutuhkan dalam menghadapi era industri saat ini. Melalui kemampuan menulis siswa dapat mentranfer informasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) implementasi kultur literasi dalam pembelajaran kemampuan menulis dan membaca, (2) implikasi implementasi kultur literasi dalam meningkatkan kemampuan menulis, (3) kendala dalam implementasi kultur literasi dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membaca. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen. Teknik penelitian yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Sampel penelitian yaitu siswa. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi kultur literasi dilaksanakan terintegrasi dengan gerakan literasi sekolah yang sudah dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan baik. Hasil Implikasi kultur literasi menunjukkan bahwa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada atau terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre tes dengan Post tes yang artinya ada pengaruh penggunaan perlakuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis teks cerita fantasi di siswa SMP kelas VII. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kultur literasi adalah 1) sarana perpustakaan tidak tertata baik karena tidak ada petugas khusus di perpustakaan; 2) ketersediaan buku bacaan di perpustakaan masih minim; 3) dukungan dari guru mata pelajaran lain masih minim; 4) masih ada siswa yang belum memahami pentingnya kultur literasi bagi peningkatan kemampuan menulis, dan 5) kemampuan berpikir kritis masih lemah.en_US
dc.publisherKIP UMN Al-WASHLIYAH 34 PEND. B.IND 2023en_US
dc.subjectkultur literasien_US
dc.subjectkemampuan menulisen_US
dc.subjectkemampuan membacaen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA MELALUI IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PESISIR TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022en_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK682.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I37.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II48.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III79.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV64.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V32.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA212.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER105.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA36.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR115.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN678.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN101.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.