Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3430
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimamora, Syahibatul Aslamiyah-
dc.contributor.author171434085-
dc.contributor.authorDwi, Dara Fitrah-
dc.date.accessioned2023-12-11T08:21:58Z-
dc.date.available2023-12-11T08:21:58Z-
dc.date.issued2021-11-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3430-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengetahui faktor yang mempengaruhi dan mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitan ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung sebanyak 6 siswa dan guru Matematika kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deksriptif dengan metode lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan belajar operasi hitung pembagian meliputi: (1) kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan prosedur (algoritma) pembagian, (3) kesulitan mengingat fakta dasar operasi hitung pembagian, (4) kesulitan menghubungkan pemahaman nilai tempat pada operasi pembagian bersusun, (5) kesulitan menuliskan susunan bilangan pembagi dan yang dibagi dalam bentuk simbolik (abstrak), (6) kesulitan dalam membedakan simbol-simbol operasi hitung. 2) Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian, terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. 3) Cara untuk mengatasi kesulitan bellajar operasi hitung pembagian antara lain, mengenalkan konsep pembagian pada dua situasi yaitu pengukuran dan partisi; melaksanakan proses pembelajaran sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode konkret sesuai teori belajar Piaget; menggunakan alat peraga Blok Dienes; menggunakan strategi algoritma pembagian bersusun pendek dengan perpaduan metode pertukaran eksplisit alternatif dan metode chunking; menumbuhkan perrhatian dan minat belajar siswa dengan permainan edukasi.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 96 PGSD 2023en_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectOperasi Hitungen_US
dc.subjectPembagianen_US
dc.titleANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 106814 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANGen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK1.24 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I29.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II137.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III29.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV383.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V25.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA921.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER26.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR888.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN782.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI774.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.