Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3430
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Simamora, Syahibatul Aslamiyah | - |
dc.contributor.author | 171434085 | - |
dc.contributor.author | Dwi, Dara Fitrah | - |
dc.date.accessioned | 2023-12-11T08:21:58Z | - |
dc.date.available | 2023-12-11T08:21:58Z | - |
dc.date.issued | 2021-11-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3430 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengetahui faktor yang mempengaruhi dan mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitan ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung sebanyak 6 siswa dan guru Matematika kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deksriptif dengan metode lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan belajar operasi hitung pembagian meliputi: (1) kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan prosedur (algoritma) pembagian, (3) kesulitan mengingat fakta dasar operasi hitung pembagian, (4) kesulitan menghubungkan pemahaman nilai tempat pada operasi pembagian bersusun, (5) kesulitan menuliskan susunan bilangan pembagi dan yang dibagi dalam bentuk simbolik (abstrak), (6) kesulitan dalam membedakan simbol-simbol operasi hitung. 2) Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian, terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. 3) Cara untuk mengatasi kesulitan bellajar operasi hitung pembagian antara lain, mengenalkan konsep pembagian pada dua situasi yaitu pengukuran dan partisi; melaksanakan proses pembelajaran sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode konkret sesuai teori belajar Piaget; menggunakan alat peraga Blok Dienes; menggunakan strategi algoritma pembagian bersusun pendek dengan perpaduan metode pertukaran eksplisit alternatif dan metode chunking; menumbuhkan perrhatian dan minat belajar siswa dengan permainan edukasi. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 96 PGSD 2023 | en_US |
dc.subject | Kesulitan Belajar | en_US |
dc.subject | Operasi Hitung | en_US |
dc.subject | Pembagian | en_US |
dc.title | ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 106814 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 1.24 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 29.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 137.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 29.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 383.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 25.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 921.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 26.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 25.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 27.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 888.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 782.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 774.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.