Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3498
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN KINE MASTER PADA TEMA BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU KELAS 1 SD
Authors: Ramadhani, Asrida
191434120
Yarshal, Dinda
Keywords: Pengembangan
Pembelajaran
Kine Master
Issue Date: 13-Jul-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 02 PGSD 2024
Abstract: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri, kepribadian, kecerdasaran, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D). Adapun Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperluakan penelitian untuk menguji kefektifan produk tersebut (Sugiono, 2013). Penelitian ini dimaksudkan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Kine Master dengan modifikasi desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari sejumlah tahap meliputi analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).Dari hasil analisis kebutuhan yaitu peneliti menemukan sebuah solusi dengan cara mengembangkan suatu produk berupa video pembelajaran interaktif dengan berbantuan Kine Master pada Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 SD yang dapat memudahkan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Hasil analisis kurikulum dapat dijabarkan sebagai berikut: kurikulum 2013 revisi 2018 sudah digunakan di SD Swasta Pelita dan tujuan pembelajaran dalam media dijabarkan dari indikator pembelajaran, dikarenakan tidak semua materi dapat disampaikan melalui media pembelajaran interaktif berbantuan Kine Master, perlu adanya pemilihan materi pembelajaran yang berpedoman pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelas 1 SD semester 2. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan menggunakan tahapan-tahapan dengan model ADDIE yang di modifikasi menjadi 3 tahap, yaitu: analysis (analisis), desain (perancangan), dan development (pengembangan) telah menghasilkan suatu produk berupa video media pembelajaran interaktif berbantuan Kine Master pada tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3498
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK337.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II53.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV30.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA219.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER35.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI18.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR777.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN2.7 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI224.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.