Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3562
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Sari, Della Puspita | - |
dc.contributor.author | 191114021 | - |
dc.contributor.author | Desniarti | - |
dc.date.accessioned | 2024-02-22T09:03:14Z | - |
dc.date.available | 2024-02-22T09:03:14Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3562 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis Problem Based Instruction (PBI) untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang akan peneliti gunakan adalah model pengembangan ADDIE yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, (E)valuation. Subjek dalam penelitian ini untuk uji validitas adalah dosen sebagai ahli media pembelajaran dan guru sebagai ahli materi pembelajaran. Sedangkan subjek untuk uji praktis dan efektifitas adalah siswa kelas VIII-6 sebanyak 30 orang siswa SMP Negeri 22 Medan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis Problem Based Instruction pada materi peluang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) pada materi Peluang secara keseluruhan dinyatakan sangat valid pada uji validitas dengan persentase keidealan 84% dari segi media pembelajaran dan persentase keidealan 85% dari segi materi pembelajaran. LKPD dinyatakan sangat praktis pada uji kepraktisan dengan persentase keidealan 91,78%. LKPD dinyatakan sangat efektif pada uji keefektifan dengan persentase keidealan 90%. Berdasarkan hasil persentase keidealan tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) yang dikembangkan memenuhi kriteria, sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa. (2) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) telah memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang diharapkan. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN AL WASHLIYAH 04 PEND. MM 2024 | en_US |
dc.subject | LKPD | en_US |
dc.subject | Problem Based Instruction | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pemecahan Masalah | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Abstrak.docx | ABSTRAK | 1.75 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 66.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 95.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 79.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 5.15 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 15.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
Biodata Mahasiswa.docx | BIODATA | 181.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Cover Skripsi.docx | COVER | 161.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Daftar Isi.docx | DAFTAR ISI | 20.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Daftar Pustaka.docx | DAFTAR PUSTAKA | 24.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Kata Pengantar.docx | KATA PENGANTAR | 54.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 24.61 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
Lembar Pengesahan Skripsi.docx | LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI | 153.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.