Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3562
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Della Puspita-
dc.contributor.author191114021-
dc.contributor.authorDesniarti-
dc.date.accessioned2024-02-22T09:03:14Z-
dc.date.available2024-02-22T09:03:14Z-
dc.date.issued2023-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3562-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis Problem Based Instruction (PBI) untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang akan peneliti gunakan adalah model pengembangan ADDIE yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, (E)valuation. Subjek dalam penelitian ini untuk uji validitas adalah dosen sebagai ahli media pembelajaran dan guru sebagai ahli materi pembelajaran. Sedangkan subjek untuk uji praktis dan efektifitas adalah siswa kelas VIII-6 sebanyak 30 orang siswa SMP Negeri 22 Medan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis Problem Based Instruction pada materi peluang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) pada materi Peluang secara keseluruhan dinyatakan sangat valid pada uji validitas dengan persentase keidealan 84% dari segi media pembelajaran dan persentase keidealan 85% dari segi materi pembelajaran. LKPD dinyatakan sangat praktis pada uji kepraktisan dengan persentase keidealan 91,78%. LKPD dinyatakan sangat efektif pada uji keefektifan dengan persentase keidealan 90%. Berdasarkan hasil persentase keidealan tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) yang dikembangkan memenuhi kriteria, sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa. (2) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Problem Based Instruction (PBI) telah memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang diharapkan.en_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 04 PEND. MM 2024en_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectProblem Based Instructionen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak.docxABSTRAK1.75 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I66.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II95.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III79.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV5.15 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V15.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
Biodata Mahasiswa.docxBIODATA181.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Cover Skripsi.docxCOVER161.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Daftar Isi.docxDAFTAR ISI20.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Daftar Pustaka.docxDAFTAR PUSTAKA24.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Kata Pengantar.docxKATA PENGANTAR54.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN24.61 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
Lembar Pengesahan Skripsi.docxLEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI153.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.