Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3574
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Harahap, Rizka wahyuni | - |
dc.contributor.author | 191434094 | - |
dc.contributor.author | Bahri, Samsul | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-13T05:58:16Z | - |
dc.date.available | 2024-03-13T05:58:16Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-14 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3574 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis buku komik pintar (Kompa) pada Pembelajaran tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku, mengetahui tingakat kevalidan terhadap media dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 104211 Marindal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model ADDIE. Model ADDIE merupakan model pengembangan yang memiliki lima tahapan, yaitu analisis (Analysis), Desain (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian membatasi hanya sampai 3 tahap saja yaitu tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini adalah validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (Guru) dan siswa kelas IV SD yang berjumlah 22 siswa sedangkan Objek pada penelitian ini adalah pengembangan media komik pintar (Kompa) pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil perhitungan terhadap media pembelajaran di atas maka hasil penilaian dari ahli materi memperoleh 87,24% dengan kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sedangkan hasil penilaian dari ahli media memperoleh 84% dengan kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh nilai 96%, dan untuk respon siswa diperoleh 97,04%, artinya media kriteria sangat praktis. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media komik pintar (Kompa) dinyatakan sangat valid dan sangat praktis serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 104211 Marindal | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 23 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Buku Komik Pintar (Kompa) | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar Siswa | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PINTAR (KOMPA) PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104211 MARINDAL | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 716.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 26.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 55.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 41.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 17.17 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 23.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 990.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 354.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 24.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 23.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
HALAMAN PENGESAHAN.docx | HALAMAN PENGESAHAN | 904.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 125.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 26.38 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.