Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3635
Title: | PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS YOUTUBE |
Authors: | Rosdiana 181114001 Ramadhani |
Keywords: | kemampuan Literasi Kemandirian belajr Blended Learning Youtube |
Issue Date: | 2-Aug-2022 |
Publisher: | FKIP UMN AL WASHLIYAH 12 PEND. MM 2024 |
Abstract: | Perkembangan dunia yang sangat pesat dan perubahan-perubahan diera global dengan berbagai aspek kehidupan yang begitu cepat, sehingga menjadi tantangan alam mempersiapkan anak generasi yang akan mendatang. Dizaman modern ini pendidikan merupakan peran penting untuk menciptakan generasi yang mampu membuat perkembangan pada ilmu pengetahuan. Terutama pengetahuan kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan dari hasil observasi siswa di SMP Negeri 23 Medan menunjukkan pada kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melhat peningkatan kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar melalui model blended learning berbasis youtube. Dengan desain yang digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri 6 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa yang terdiri 27 siswa kelas VIII-A dan VIII-C. Tekhnik pengambilan sampel kelas ini terbagi dua kelompok. Dengan kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dan angket. Tekhnik pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling. Dengan hasil analisis data yang menggunakan independent sampel t-tes, bahwa hasil kemampuan literasi matematis 0,008 < 0,05 dan kemandirian belajar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil diatas bahwa model blended learning berbasis youtube dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 23 Medan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3635 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 528.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB-I.doc Restricted Access | BAB I | 197 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB-II.doc Restricted Access | BAB II | 67 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB-III.doc Restricted Access | BAB III | 490.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB-IV.doc Restricted Access | BAB IV | 1.7 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB-V.doc Restricted Access | BAB V | 27.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BIODATA.docx | BIODATA | 973.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 162.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 11.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 12.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 35.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 848.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 956.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.