Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/364
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUmar Darwis, S.E., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorFEBRIANA, WANDA-
dc.date.accessioned2022-01-25T06:51:03Z-
dc.date.available2022-01-25T06:51:03Z-
dc.date.issued2021-10-07-
dc.identifier.other171434149-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/364-
dc.description.abstractJenis penelitian penelitian eksperimen yang digunakan eksperimen semu (Quasi-Experimental), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling, SDN NO. 105364 LUBUK ROTAN kelas VA sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas adalah model Problem Based Learning, dan variabel terikat adalah hasil belajar IPA dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji Chikuadrat, uji Bartlett, uji kesamaan rata- rata pretest menggunakan uji t dua pihak, uji hipotesis dan mengunakan uji t Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO. 105364 Lubuk Rotan. Berjumlah 66 siswa dengan menggunakan teknik Simplerandom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument dalam bentuk tes soal yang diberikan kepada responden untuk mengethaui tentang materi periistiwa alam yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes soal. Teknik analisis data dengan menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktian dengan uji t. hasil uji menujukkan nilai ttabel= 2,03 < thitung= 10,814. Kemudian skor gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,27 (rendah); 2) Aktivitas siswa padakelaseksperimenpadapertemuan1mencapai4,17%,pertemuan2sebesar68,81%, pertemuan 3 sebesar 70,24% dan pertemun 4 sebesar 76,19%. Sehingga rata-rataaktivitas siswa mencapai 68,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V; 2) aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat dengan rata- rata mencapai68,9%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 10 PGSD 2021en_US
dc.subjectIPAen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN NO. 105364 LUBUK ROTANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER113.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN306.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI37.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR125.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK37.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I45.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II211.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III483 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV2.51 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V37.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA35.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.7 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.