Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/364
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Umar Darwis, S.E., M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | FEBRIANA, WANDA | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-25T06:51:03Z | - |
dc.date.available | 2022-01-25T06:51:03Z | - |
dc.date.issued | 2021-10-07 | - |
dc.identifier.other | 171434149 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/364 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian penelitian eksperimen yang digunakan eksperimen semu (Quasi-Experimental), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling, SDN NO. 105364 LUBUK ROTAN kelas VA sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas adalah model Problem Based Learning, dan variabel terikat adalah hasil belajar IPA dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji Chikuadrat, uji Bartlett, uji kesamaan rata- rata pretest menggunakan uji t dua pihak, uji hipotesis dan mengunakan uji t Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO. 105364 Lubuk Rotan. Berjumlah 66 siswa dengan menggunakan teknik Simplerandom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument dalam bentuk tes soal yang diberikan kepada responden untuk mengethaui tentang materi periistiwa alam yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes soal. Teknik analisis data dengan menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktian dengan uji t. hasil uji menujukkan nilai ttabel= 2,03 < thitung= 10,814. Kemudian skor gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,27 (rendah); 2) Aktivitas siswa padakelaseksperimenpadapertemuan1mencapai4,17%,pertemuan2sebesar68,81%, pertemuan 3 sebesar 70,24% dan pertemun 4 sebesar 76,19%. Sehingga rata-rataaktivitas siswa mencapai 68,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V; 2) aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat dengan rata- rata mencapai68,9%. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 10 PGSD 2021 | en_US |
dc.subject | IPA | en_US |
dc.subject | PBL | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN NO. 105364 LUBUK ROTAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 113.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 306.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 37.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 125.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 37.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 45.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 211.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 483 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 2.51 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 37.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 35.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 1.7 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.