Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3694
Title: | PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 101932 PERBAUNGAN |
Authors: | Sarah, Mei 181434223 Darwis, Umar |
Keywords: | Direct Instruction Classroom Action Risearch Problem Solving hasil belajar tematik one shot case study |
Issue Date: | 29-Dec-2022 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 43 PGSD 2024 |
Abstract: | Penilitian ini dilatar belakangi masalah masih rendahnya Hasil Belajar peserta didik Kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan, hal ini dikarenakan strategi atau metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dengan demikian, menyebabkan pembelajaran tidak efektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang tergolong rndah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Risearch), proses tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan agar guru lebih kreatif dalam memilih model atau metode pembelajaran yang bervariasi dan agar peserta didik mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas III semester I yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes isian sebanyak 10 soal dengan bentuk One Shot Case Study. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Populasi sampling. Setelah menerapkan metode pemecahan masalah (Problem Solving) ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yaitu Tema 3 (Benda di Sekitarku) dengan Sub Tema 1 (Aneka Benda di Sekitarku) pada kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Hal ini ditunjukkan pada perhitungan akhir dengan uji-t satu arah diperoleh thitung = 10,542. Kemudian dikonsultasikan ke tabel distribusi t satu arah dengan dk=26-1=25 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,708. Dengan kata lain nilai thitung terletak di daerah penolakan H0. Dengan demikian thitung > ttabel maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa metode Problem Solving efektif terhadap hasil belajar Tematik yaitu Tema 3 (Benda di Sekitarku) dengan Sub Tema 1 (Aneka Benda di Sekitarku) pada kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3694 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 337.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 26.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 96.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 32.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 44.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 353.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 159.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 22.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 18.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 127.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.23 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 215.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.