Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3747
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Karo-karo, Sri Hartati | - |
dc.contributor.author | 151614004 | - |
dc.contributor.author | Sujarwo (Pembimbing I) | - |
dc.contributor.author | Putri (Pembimbing II), Shavreni Oktadi | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-14T03:03:02Z | - |
dc.date.available | 2024-05-14T03:03:02Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-15 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3747 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui metode bernyanyi di TK Muslim. Desain dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan repleksi(reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Muslim Medan tahun ajaran 2018/2019 semester 2 yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode bernyanyi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi berbentuk cheklist. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 pada saat pra siklus sebesar 38,7 termasuk dalam kriteria mulai berkembang meningkat pada Siklus I menjadi 58,7% termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 79,6% dengan kategori berkembang sangat baik. Kemampuan kognitif anak sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti yakni sebesar ≥ 75% atau 12 anak memiliki kemampuan kognitif berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui metode bernyannyi pada anak kelompok B di TK Muslim Tahun Ajaran 2018/2019. Saran bagi guru sebaiknya guru menerapkan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 03 PG-PAUD 2024 | en_US |
dc.subject | Kemampuan Kognitif | en_US |
dc.subject | Metode Bernyanyi | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIM MEDAN | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 25.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 25.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 32.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 46.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 107.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Restricted Access | BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA | 29.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER DAN PENGESAHAN.docx | COVER DAN PENGESAHAN. | 106.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPRAN.docx | DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPRAN | 27.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 31.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 446.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
SKRIPSI SRI HARTATI.docx Restricted Access | SKRIPSI FULL | 698.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
SRI HARTATI.jpg | BIODATA | 356.4 kB | JPEG | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.