Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3747
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKaro-karo, Sri Hartati-
dc.contributor.author151614004-
dc.contributor.authorSujarwo (Pembimbing I)-
dc.contributor.authorPutri (Pembimbing II), Shavreni Oktadi-
dc.date.accessioned2024-05-14T03:03:02Z-
dc.date.available2024-05-14T03:03:02Z-
dc.date.issued2019-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3747-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui metode bernyanyi di TK Muslim. Desain dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan repleksi(reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Muslim Medan tahun ajaran 2018/2019 semester 2 yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode bernyanyi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi berbentuk cheklist. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 pada saat pra siklus sebesar 38,7 termasuk dalam kriteria mulai berkembang meningkat pada Siklus I menjadi 58,7% termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 79,6% dengan kategori berkembang sangat baik. Kemampuan kognitif anak sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti yakni sebesar ≥ 75% atau 12 anak memiliki kemampuan kognitif berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui metode bernyannyi pada anak kelompok B di TK Muslim Tahun Ajaran 2018/2019. Saran bagi guru sebaiknya guru menerapkan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 03 PG-PAUD 2024en_US
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectMetode Bernyanyien_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIM MEDANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK25.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I25.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II32.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV107.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.docx
  Restricted Access
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA29.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
COVER DAN PENGESAHAN.docxCOVER DAN PENGESAHAN.106.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPRAN.docxDAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPRAN27.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR31.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN446.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SKRIPSI SRI HARTATI.docx
  Restricted Access
SKRIPSI FULL698.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SRI HARTATI.jpgBIODATA356.4 kBJPEGView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.