Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4015
Title: ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 101884 LIMAU MANIS
Authors: SARI, BETTY PURNAMA
171434081
Dewi, DARA FITRAH
Keywords: Menganalisis
Membaca Pada Permulaan
Issue Date: 7-Jul-2022
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 85 PGSD 2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis yang berada di wilayah kota Medan Tanjung Morawah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling sehingga diambil sampel 13 siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis.Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrument tes, tentang hasil blajar membaca siswa. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif memiliki berbagai metode penelitian seperti obserpasi, wawancara,dan dokumentasi yang mana memerlukan alat bantu instrument itu sendiri. Seluruh siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis dengan jumlah 18 siswa, 13 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Seluruh siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis dengan jumlah 30 siswa, terdapat 17 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup baik dan 13 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Proses penelitian ini dimulai dengan memberikan tes membaca pada siswa, kemudian setelah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti dengan skor 16%. Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan skor 27%. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam membaca kata yaitu sebesar 33%. Lalu kesulitan pada aspek mengenal huruf dengan skor 51%. Aspek kesulitan membaca terakhir yaitu aspek menyimak atau pemahaman mendengar yaitu sebesar 79%. Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengucapkan kata salah, mengeja terbata-bata, kurang memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4015
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK788.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II29.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III26.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV88.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V16.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA108.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER27.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA16.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR66.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN93.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.