Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4097
Title: PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI TEKS CERITA INSPIRATIF MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IX PLUS SMP AL-AZHAR MEDAN KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024
Authors: Sari, Keisi Tiara
227015007
Risnawaty
Keywords: minat belajar
keterampilan menulis
teks cerita inspiratif
audiovisual
Issue Date: 2-Jul-2024
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 03 2024 PPS PEND.IND
Abstract: Keterampilan menulis ringkasan isi teks cerita inspiratif sangat penting bagi siswa untuk mempermudah dan memperjelas suatu hal yang terlalu panjang ceritanya. Semakin tinggi kemampuan menulis siswa, semakin tinggi tingkat pemahamannya pada apa yang telah disampaikan/disimak. Namun kebanyakan siswa memiliki kekurangan terhadap penguasaan meringkas tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran keterampilan menulis ringkasan isi teks cerita inspiratif menggunakan media video bergambar pada siswa kelas IX Plus SMP Al-Azhar Medan Kecamatan Medan Johor tahun pembelajaran 2023-2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas IX Plus SMP Al-Azhar Medan Kecamatan Medan Johor tahun pembelajaran 2023-2024 yang terdiri dari 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini didefinisikan sebagai individu/siswa yang merupakan keseluruhan populasi yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Indikator penelitian ini yaitu guru yang mengajarkan materi menulis ringkasan kalimat dan paragraf pada isi teks cerita inspiratif. Teknik analisis data digunakan penelitian tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II. Melalui tahap: rencana tindakan kelas, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus yang berlaku dalam kurikulum pembelajaran di SMP Al-Azhar Medan. Berdasarkan data dari 40 siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dari jumlah siswa yang tuntas 30 orang sedangkan yang tidak tuntas 10 orang, dan siklus II sebesar 95% dari jumlah siswa yang tuntas 38 orang sedangkan yang tidak tuntas 2 orang. Maka terlihat jelas minat belajar siswa dengan menerapkan keterampilan menulis ringkasan isi teks cerita inspiratif menggunakan media video bergambar pada siswa kelas IX Plus SMP Al-Azhar Medan tahun pembelajaran 2023-2024 termasuk dalam kategori baik atau meningkat.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4097
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK219.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA148.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER391.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI42.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA43.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR41.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN432.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS122.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx439.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docx459.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docx469.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV66.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx432.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.