Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4108
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Zulaiha, Efrita | - |
dc.contributor.author | 201434102 | - |
dc.contributor.author | Anshor, Arrini Shabrina | - |
dc.date.accessioned | 2024-09-12T08:09:10Z | - |
dc.date.available | 2024-09-12T08:09:10Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4108 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok yang menggunakan media visual tiga dimensi; (2) Hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi; (3) Pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri 060877 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Lokasi penelitian di SD Negeri 060877 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Waktu penelitian bulan Februari – Juni 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 45 siswa. Sampel pada penelitian ini ada kelas VA berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan deskripsi data,uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok yang menggunakan media visual tiga dimensi termasuk dalam kategori cenderung tinggi sebesar 68,18 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar pada matematika materi volume kubus dan balok yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi termasuk dalam kategori rendah sebasar 8,70 persen.berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri 060877 Medan dengan nilai (thitung>ttabel) yaitu (14,33>1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media visual tiga dimensi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 95 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Media Visual | en_US |
dc.subject | Tiga Dimensi | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | matematik | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 060877 MEDAN | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 680.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 26.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 77.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 37.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 122.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 29.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 392.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 55.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 23.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 33.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 416.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 614.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 463.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.