Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4108
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZulaiha, Efrita-
dc.contributor.author201434102-
dc.contributor.authorAnshor, Arrini Shabrina-
dc.date.accessioned2024-09-12T08:09:10Z-
dc.date.available2024-09-12T08:09:10Z-
dc.date.issued2024-07-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4108-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok yang menggunakan media visual tiga dimensi; (2) Hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi; (3) Pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri 060877 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Lokasi penelitian di SD Negeri 060877 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Waktu penelitian bulan Februari – Juni 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 45 siswa. Sampel pada penelitian ini ada kelas VA berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan deskripsi data,uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok yang menggunakan media visual tiga dimensi termasuk dalam kategori cenderung tinggi sebesar 68,18 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar pada matematika materi volume kubus dan balok yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi termasuk dalam kategori rendah sebasar 8,70 persen.berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri 060877 Medan dengan nilai (thitung>ttabel) yaitu (14,33>1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media visual tiga dimensi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada matematika materi volume kubus dan balok.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 95 PGSD 2024en_US
dc.subjectMedia Visualen_US
dc.subjectTiga Dimensien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectmatematiken_US
dc.titlePENGARUH MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 060877 MEDANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK680.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II77.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III37.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV122.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V29.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA392.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER55.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA33.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR416.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN614.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI463.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.