Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4221
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMAT (KOMIK MATEMATIKA) BERBASIS CANVA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 060923
Authors: Sardillah, Weni Putri
201434164
Napitupulu, Safrida
Keywords: Media Pembelajaran Komik
Matematika
Aktivitas Belajar
Canva
Issue Date: 23-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 117 PGSD 2024
Abstract: Permasalahan yang diangkat penulis dalam penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan media pembelajaran dan fasilitas berbasis teknologi/digital pada pembelajaran matematika, proses pembelajaran bersifat konvensional, siswa menganggap pembelajaran matematika sulit sehingga muncul rasa bosan serta kurang motivasi yang berdampak pada aktivitas belajar menurun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva, (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva, (3) menganalisis respons belajar siswa kelas IV terhadap penggunaan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan antara lain: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media, validator ahli pembelajaran yaitu guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SDN 060923. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis Canva melalui hasil penilaian dari kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli media melalui angket dengan jumlah 12 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 12 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Hasil penilaian kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli materi melalui angket dengan jumlah 10 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 10 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Hasil penilaian kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli pembelajaran melalui angket dengan jumlah 13 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 13 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Aktivitas belajar peserta didik lebih aktif dan menarik setelah penerapan media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis canva berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas belajar mendapatkan skor 92,5% dengan kriteria Sangat Layak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis Canva dapat menjadikan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN 060923 lebih aktif dan menarik.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4221
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK333.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I33.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II2.39 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III91.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV13.75 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA169.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER165.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA33.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR44.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN3.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI184.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.