Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4312
Title: PENGEMBANGAN KOMPETENSI MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU GAMBAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 107423 TANJUNG GARBUS KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023-2024
Authors: Rosliana
227015006
Sutikno
Keywords: kartuber gambar
kompetensi
media pembelajaran
membaca
pengembangan
Issue Date: 4-Jul-2024
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 9 2025 PPS PEND.IND
Abstract: Penggunaan metode permainan akan lebih efektif apabila didukungdengan adanya media sebagai alat bantu pembelajaran dalam membantu siswa kelas 1 SD dalam mengembangkan kompetensi membacanya. Rumusan masalah penelitianiniyaituBagaimanakah pengembangan kompetensi membaca melalui media pembelajaran kartu gambar siswa kelas I SD Negeri Nomor 107423 Tanjung Garbus Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2023-2024?”.Jenispenelitianini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) terdiri atas duasiklus. Prosedurpenelitianmeliputiperencanaan,pelaksanaan/tindakan,observasi/evaluasi,danrefleksi.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas I SD Negeri Nomor 107423 Tanjung Garbus sebanyak27orang siswa.Jika dilihat siklus I dan siklus II yaitu persentase siswa yang hadir pada saat kegiatan pembelajaran meningkat dari 100%,persentase mendengarkan penjelasan guru meningkat dari 78% menjadi 100%, persentase aktif dalam bertanya dan menjawab meningkat dari 44% menjadi 89%, persentase keberanian siswa dalam mendeskripsikan kartu bergambar meningkat dari 26% menjadi 78%, persentase ketepatan menggunakan media kartu bergambar meningkat dari 19% menjadi 93%, persentase menyelesaikan tugas tepat waktu dari 56% menjadi 100%, persentase siswa yang melakukan kegiatan lain pada saat proses pembelajaran berlangsung (ribut, bermain, mengganggu teman, keluar masuk kelas) menurun dari 30% menjadi 7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media bergambar dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, efektif sebagai alat untuk melatih keberanian siswa, efektif melatih kedisiplinan siswa dalam menghargai waktu dalam belajar. Aktivitas belajar siswa mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4312
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK724.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA284.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER302.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI224.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA226.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR224.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.51 MBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN.docx314.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS443.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I231.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II252.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III254.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV270.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V228.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.