Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4317
Title: PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK TRANSFORMASI LAGU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SATU ATAP KUALA TAHUN PEMBELAJARAN
Authors: DARAYANI, DINA KHAIRUNNISA
227015028
Sutikno
Keywords: Pembelajaran
Keterampilan
Menulis
Cerita pendek
Transformasi Lagu
Issue Date: 11-Jun-2024
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 12 2025 PPS PEND.IND
Abstract: Berdasarkan wawancara dengan guru dan beberapa siswa di kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Kuala tahun pembelajaran 2023-2024 diketahui bahwa pengajaran sastra kurang diminati karena dianggap sulit. Sehingga dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen pada siswa dan melihat hasil pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Kuala tahun pembelajaran 2023-2024 dengan menggunakan teknik transformasi lagu.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Kuala tahun pembelajaran 2023-2024 yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari tempat dan peristiwa, guru dan siswa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan pemberian tugas. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dengan teknik transformasi lagu pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Kuala tahun pembelajaran 2023-2024 ditandai dengan: (a) meningkatnya keaktifan siswa dalam memberikan respon terhadap apersepsi yang diberikan guru. Pada prasiklus sebesar 45% (13 siswa) lalu meningkat pada siklus I sebesar 75 % (21 siswa) dan meningkat menjadi 100% (28 siswa) pada siklus II, (b) meningkatnya keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru saat memberikan materi pembelajaran.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4317
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I.docxBAB I237.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II280.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III249.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV303.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V235.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK2.25 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA1.07 MBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER288.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI230.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTARPUSTAKA.docxDAFTARPUSTAKA34.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR682.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran.docxLampiran.docx2.02 MBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN.docx1.94 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS1.77 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.