Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/442
Title: | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.P 2020/2021 |
Authors: | DAMAYANTI, DEVI |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik pendekatan matematika realistik komunikasi matematis kemandirian ADDIE. |
Issue Date: | 6-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 18 PEND.MM 2021 |
Abstract: | Tujuan dari peneIitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevaIidan, kepraktisan, dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Matematika ReaIistik untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kemandirian beIajar siswa. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam dan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Hasil validasi Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan matematika realistik adalah 3,74 dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan matematika realistik dilihat dari hasil analisis angket respon siswa adalah 2,81 dengan kriteria praktis. Hasil keefektivan Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan matematika realistikdilihat darihasil analisistes komunikasi matematis adalah 78,13% dengan kategori baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes adalah sebesar 78,125% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis meningkat. Hasil angket kemandirian belajar menunjukkan bahwa rata-rata persentase peserta didik diperoleh sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa sangat mandiri.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan matematika realistik tersebut layak digunakan dalam pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/442 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 162.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR SKRIPSI 2.docx | KATA PENGANTAR | 38.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 1.docx Restricted Access | BAB I | 115.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 2.docx Restricted Access | BAB II | 82.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 3.docx Restricted Access | BAB III | 92.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 4.docx Restricted Access | BAB IV | 1.38 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 5.docx Restricted Access | BAB V | 26.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
daftar pustaka.docx | DAFTAR PUSTAKA | 20.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAAANNN.docx | LAMPIRAN | 11.76 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.