Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4571
Title: | PENGEMBANGAN MULTIMEDIAINTERAKTIFSEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA INDONESIAKU KAYA BUDAYA MATA PELAJARAN IPA S KELAS IV SD |
Authors: | SEMBIRING, NOVIARO VALANDA 201434143 Silalahi, Beta Rapita |
Keywords: | pendidikan media kurikulum |
Issue Date: | 4-Jul-2024 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 55 PGSD 2025 |
Abstract: | Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.Proses pembelajaran ini merupakan implementasi dari kurikulum karena kurikulum berfungsi sebagai landasan yang memberikan arah dan tujuan pembelajaran. Padamasasekarang ini, kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka Belajar.Namun,berdasarkan observasi yang dilakukan dikelas IV UPT SPF SD Negeri 106177 Tungkusan Kecamatan STM Hilir, ditemukan peserta didik kurang fokus mengikuti pembelajaran. Proses belajar mengajar dikelas berpusat pada guru sehingga menjadikan peserta didik kurang aktif mengikuti pembelajaran. maka dari masalah diatassolusi yang dapat dilakukan dengan menentukan media pembelajaran yaang tepat yaitu menggunakan multimedia interaktif. Media ini adalah media digital yang dapat diakses melalui handphone, laptop, komputerdan hardware lainnya. Multimedia Interaktif ini merupakansaranamediayangdidalamnyaterdapatkombinasiantarateks,animasi, video dan suara yang mampu menarik minat peserta didik karena penggunaannya sesuai dengan kemajuan zaman, sehingga dengan ini hasil belajar siswa dapat dicapaidenganmaksimal.Tujuanpenelitianiniuntukmengembangkansuatumedia pembelajaran multimedia interaktif sekaligus menguji kelayakan produk yang dihasilkan, sehingga layak digunakan dan untuk melihat respon siswa terhadap multimedia interaktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) Data tingkat kelayakan media multimedia interaktifdapat diukurdaritingkatpenguasaanpesertadidikterhadapmateriyangdiajarkandengan hasil diketahui bahwa presentase hasil vaalidasi respon siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri 106177 Tungkusan Kecamatan STM Hilir sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. validasi materi tahap I diperoleh jumlah skor 63 dari skor maksimum75denganpersentase84%dandikategorikanLayak(Layakdigunakan setelah revisi).a hasil validasi materi tahap II diperoleh jumlah skor 71 dari skor maksimum 75 dengan persentase 94,6% dan dikategorikan Sangat Layak (Layak digunakan tanparevisi). hasil validasi mediatahap Idiperoleh jumlahskor 67 dari skor maksimum 95 dengan persentase 70,6% dan dikategorikan Layak (Layak digunakansetelahrevisi).hasilvalidasimediatahapIIdiperolehjumlahskor82dari skor maksimum 95 dengan persentase 86,3% dan dikategorikan Sangat Layak (Layak digunakan tanpa revisi). |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4571 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
201434143_File1.docx | 201434143_File1 | 364.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File2.docx | 201434143_File2 | 897.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File3.docx | 201434143_File3 | 117.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File9.docx Restricted Access | 201434143_File9 | 13.59 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201434143_Fulltext.docx Restricted Access | 201434143_Fulltext | 31.79 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201434143_File4.docx | 201434143_File4 | 104.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File5.docx | 201434143_File5 | 722.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File6.docx | 201434143_File6 | 142.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201434143_File7.docx Restricted Access | 201434143_File7 | 777.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201434143_File8.docx | 201434143_File8 | 98.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.