Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/485
Title: | Upaya meningkatkan Hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw |
Authors: | WAHYUNI, SRI |
Keywords: | Cooperative Learning Teknik Jigsaw |
Issue Date: | 3-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 23 PENDEK 2021 |
Abstract: | Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selalu didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Keberhasilan atau kegagalan anak didik pada dasarnya ditentukan oleh kemampuan guru untuk membentuk mereka. Bila guru memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik, maka anak didik juga akan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik pula. Kemampuan guru sangatlah berperan terhadap pembentukan anak didik, baik dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pengajaran secara sistem sangat dituntut. Upaya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, diperlukan guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada gilirannya dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw akan dapat meningkatkan hasil belajar konomi siswa ?” Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model pembelajaran Jigsaw. 2. Untuk memperoleh data dan informasi tentang hasil belajar ekonomi siswa. 3. Untuk memperoleh data dan informasi tentang Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw. Anggapan dasar sebagai berikut : “Penerapan model pembelajaran ikut menentukan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan”, dengan rumusan hipotesis : "Penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw akan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa”. Subjek penelitian adalah keseluruhan objek yang didalamnya terdapat sejumlah subjek yang dapat dijadikan sebagai sumber data, yang diharapkan dapat memberikan data-data yang dibutuhkan oleh peneliti. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh sampel yang diambil oleh peneliti sebelumnya yang dijadikan sebagai sumber data panelitian ini Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa besarnya nilai thitung adalah 2,42 dengan meninjau taraf nyata =0,05 dengan harga ttabel =2,011. Setelah membandingkan dengan kriteria penguji hipotesis maka di peroleh thitung >ttabel atau 2,42>2,011. Berarti hipotesis di terima yaitu “Penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw” akan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa”, dapat diterima kebenarannya. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/485 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.doc | COVER | 185.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
LEMBAR PERSETUJUAN.doc | LEMBAR PERSETUJUAN | 20.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 40.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 92.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 52 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 59 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 135.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 25.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 31.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 22.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 24.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.