Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/538
Title: | Gejala Campur Kode ( CODE MIXING ) dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Lisan pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Guru-Guru SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021 |
Authors: | RAMADHANI, OVY RIZKY |
Keywords: | Campur Kode Ragam Lisan Guru Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Issue Date: | 7-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 04 PPS PEND.BND 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis-jenis campur kode, faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan dampak campur kode pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, tepatnya di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan semua bahasa guru yang memperlihatkan terjadinya peristiwa campur kode (code mixing) dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian melakukan klasifikasi dan kategori keseluruhan data, setelah itu data dianalisis untuk memilih bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing), selanjutnya adalah mendeskripsikan atau memaparkan hasil penelitian untuk mengetahui bentuk campur kode (code mixing) serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode (code mixing) dalam penggunaan bahasa Indonesia ragam lisan oleh guru-guru di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan, kemudian, langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan atas data yang telah dianalisis.Hasil penelitian ini ditemukan adanya peristiwa campur kode. Bentuk campur kode yang terjadi berupa kata, frasa, klausa, idiom, dan perulangan kata. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa campur kode dalam penelitian ini adalah (1)ingin menjelaskan sesuatu, (2) perubahan situasi dengan hadirnya pihak ketiga, (3) ingin menjalin keakraban antara guru dan siswa (4) keterbatasan penggunaan kode, dan (5) penggunaan istilah yang lebih populer. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/538 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 167.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 55.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 169 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 49.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 68.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 100.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 51.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 153.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 50.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 61.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 98.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.