Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/781
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SINAGA, NAOMI ASAHANI | - |
dc.date.accessioned | 2022-03-30T04:55:46Z | - |
dc.date.available | 2022-03-30T04:55:46Z | - |
dc.date.issued | 2018-09-29 | - |
dc.identifier.other | 141364158 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/781 | - |
dc.description.abstract | Partisipasi semua pihak akan terwujud dalam bentuk-bentuk kinerja yang saling mendukung demi terwujudnya cita-cita masyarakat. Dari perspektif ini maka menjadi sangat tidak masuk akal apabila ada pihak yang yang tidak dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik tetapi menuntut hasil pendidikan yang berkualitas. Dengan kata lain, pencapaian tujuan pendidikan yang berkualitas baik diperlukan kemitraan dari semua pihak agar pendidikan semakin berdaya untuk mewujudkan tujuannya secara berkualitas. Berdasarkan pemikiran tersebut maka ada beberapa bentuk kerjasama yang mungkin terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, antara lain: pertama kemitraan antara sekolah dan keluarga, antara sekolah dan masyarakat, dan terakhir antara keluarga dan masyarakat. merupakan bentuk kemitraan dan pemberdayaan pendidikan, dan seterusnya. Kemitraan antara sekolah dan keluarga berupa berbagai usaha yang dapat dilakukan keluarga untuk mendukung pencapaian tujuan belajar/sekolah. Keluarga mendukung sepenuhnya berbagai usaha pendidikan yang dilakukan pihak sekolah. Kemitraan antara sekolah dan masyarakat dapat berupa penciptaan iklim yang mendukung untuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Sesuai dengan uraian di atas, maka rumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruh Kerjasama Sekolah dengan Komite Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Ira Medan” ? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama antara sekolah dengan komite sekolah di SMA Swasta Ira Medan 2. Untuk mengetahui prestasi ekonomi siswa kelas X SMA Swastan Ira Medan 3. Untuk mengetahui Hubungan tugas pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Ira Medan TA. 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan harapan agar mempunyai manfaat sebagai berikut: 1. Manfaat Teoritis a. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan menyangkut permasalahan belajar pada siswa, terutama mengenai tugas pekerjaan rumah dalam peningkatan prestasi belajar pada siswa. b. Sebagai masukan bagi maha siswa jurusan Pendidikan Ekonomi UMN (khususnya) dalam menambah dan mengembangkan serta memperluas lagi pembendaharaan, wawasan berpikir dalam memperkaya ilmu pengetahuan. c. Mengetahui faktor-faktor yang memhubungani prestasi belajar dalam hal ini tugas pekerjaan rumah. 2. Manfaat Praktis Manfaat praktis dari penelitian ini ditujukkan pada dunia pendidikan, manfaatnya antara lain sebagai berikut: a. Peneliti dapat menerapkan tugas pekerjaan rumah kepada anak-anaknya, untuk mencapai tujuan maksimum dalam prestasi belajar anaknya. b. Sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah khususnya guru BP, guru bidang studi, kepala sekolah pada umumnya dalam membantu memberikan bimbingan serta pengarahan yang lebih baik tepat kepada siswa, khususnya di SMA Ira Swasta Medan. c. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dan sumber referensi bagi penelitian berikutnya dalam penelitian yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Hipotesis penelitian ini adalah : ada hubungan yang signifikan antara tugas pekerjaan rumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ira Swasta Medan TA. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Ira Swasta Medan yang berjumlah 38 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang (sampel total). Dari hasil analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,282, sedangkan nilai korelasi dalam tabel korelasi (Untuk N = 38 dan taraf signifikan = 0,05) diperoleh nilai sebear 0,278. Berarti nilai r(hitung) yaitu 0,282 lebih besar dari nilai r(tabel) dalam tabel korelasi yaitu 0,278. Dengan demikian berarti hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu : "Ada pengaruh yang signifikan antara kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Ira Medan TA. 2017/2018”, dapat diterima kebenarannya, sebab nilai r(hitung) > dari nilai r(tabel) atau 0,282 > 0,278. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 125 PENDEK 2018 | en_US |
dc.subject | Kerjasama Kepala Sekolah | en_US |
dc.subject | Komite Sekolah | en_US |
dc.title | PENGARUH KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA IRA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 89.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 91.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 13.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 61.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 20.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 22.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 25.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 24.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 60.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 16.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 26 kB | Microsoft Word | View/Open |
Angket Variabel X.doc | LAMPIRAN | 36.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.