Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/835
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPASARIBU, JULIANTI-
dc.date.accessioned2022-04-06T08:00:51Z-
dc.date.available2022-04-06T08:00:51Z-
dc.date.issued2017-09-14-
dc.identifier.other131114078-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/835-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTs. Nurul Iman Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Tanjung Morawa yang terbagi dalam 6 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dengan mengambil dua kelas secara acak dari 6 kelas. Maka diperoleh Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Sampel dari siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe TTW diambil 30 siswa secara acak dari kelas VIII-1 dan sampel siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional diambil 30 siswa secara acak dari kelas VIII-3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay yang berjumlah 6 soal, namun setelah di ujicobakan ternyata terdapat 1 butir soal yang tidak valid, sehingga hanya 5 butir soal saja yang digunakan. Dari hasil pembahasan penelitian ini bagi kelas yang menggunakan model kooperatif tipe TTW diperoleh perhitungan rata-rata 80,46 dan simpangan baku 5,78. Bagi kelas yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh perhitungan rata-rata 71,00 dan simpangan baku 5,414 dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 58 diperoleh thitung = 7,312. Dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 58 diperoleh ttabel = 2,00172 yang menunjukkn bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha yang diterima. Berdasarkan analisis data pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi operasi aljabar pada siswa kelas VIII MTs.Nurul Iman Tanjung Morawa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 35 PEND.MM 2017en_US
dc.subjectmodel kooperatif tipe TTWen_US
dc.subjectKemampuan komunikasi matematisen_US
dc.titlePENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs NURUL IMAN TANJUNG MORAWAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover Luar.docxCOVER89.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lembar Pengesahan.docxLEMBAR PENGESAHAN12.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI58.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGHANTAR.docxKATA PENGANTAR15.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK15.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II94.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV32.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V19.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN A.docxLAMPIRAN39.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran B.docxLAMPIRAN23.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran C.docxLAMPIRAN23.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN D.docxLAMPIRAN24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran F dan G.docxLAMPIRAN21.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.